Selasa, Mei 11, 2021
Beranda Ekonomi & Bisnis 5 Langkah Cari Supplier Murah untuk Bisnis

5 Langkah Cari Supplier Murah untuk Bisnis

Sentrakabar–Anda seorang staff procurement/purchasing dan sedang mencari supplier untuk kebutuhan operasional kantor Anda? Atau Anda pemilik bisnis dan sedang bingung memilih supplier untuk kebutuhan bisnis Anda?

Mencari supplier yang tepat untuk bisnis nyatanya tidak sesederhana membandingkan dan memilih harga termurah dari penawaran-penawaran yang ada. Anda juga harus mempertimbangkan jaminan kualitas produk, kecepatan pengiriman barang, bahkan ketentuan refund atau return.

Era internet saat ini memungkinkan kita untuk menemukan supplier di direktori bisnis atau toko online dengan mudah, tapi tetap saja dibutuhkan beragam pertimbangan untuk menentukan supplier pilihan.

Nah, untuk menemukan supplier yang paling tepat untuk bisnis Anda, Anda bisa mengikuti step-by-step di bawah ini:

1. List Kebutuhan Bisnis & Kriteria Supplier

Selain menentukan barang atau jasa apa saja yang dibutuhkan, Anda juga harus menyusun kriteria supplier pilihan Anda nanti. Mana yang lebih penting bagi Anda dalam memilih supplier: harga paling murah, garansi kualitas & keamanan produk, atau proses pengiriman cepat?

Anda bisa saja mendapatkan semua keunggulan di atas sekaligus, namun tidak ada salahnya menyusun prioritas untuk strategi bisnis Anda.

2. Cari Supplier dari Berbagai Sumber

Ada banyak cara menemukan supplier untuk bisnis Anda, misalnya dengan berkunjung langsung ke pabrik supplier, menghadiri pameran bisnis, mencari informasi dari majalah bisnis atau rekomendasi, atau yang paling mudah saat ini: Anda bisa mencarinya di internet.

Berkunjung langsung ke pabrik supplier atau mengikuti bazar bisnis bisa jadi pilihan jika Anda ingin berinteraksi langsung dengan pemilik atau tim dari perusahaan. Selain itu, jika berkunjung ke pabrik, Anda bisa melihat proses pembuatan barang serta memastikan kualitas barang tersebut.

Anda juga bisa mencari informasi kontak supplier terpercaya dari majalah bisnis atau rekomendasi rekan sesama pebisnis. Pilihan lainnya, yang jauh lebih mudah, Anda pun bisa mencari supplier melalui mesin pencari Google, website, marketplace, atau direktori bisnis di internet.

Jika Anda ingin mencari supplier dari mesin pencari, Anda bisa menggunakan kata kunci “supplier [spasi] barang yang Anda cari” atau “jual [spasi] barang yang Anda cari”. Misalnya Anda mencari genset, Anda dapat memakai kata kunci supplier genset atau jual genset.

3. Pastikan Supplier Anda Aman & Terpercaya

Sekali lagi, harga murah bukanlah segalanya. Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek lainnya seperti reliabilitas perusahaan, kualitas produk, keamanan pengiriman, serta komunikasi dan service yang baik.

Pastikan supplier Anda mencantumkan alamat dan kontak yang jelas. Ketika dihubungi, pastikan pula tim supplier dapat diajak berkomunikasi dengan baik mengenai kebutuhan-kebutuhan Anda. Sebisa mungkin hindari supplier yang lambat merespon konsumen.

Jika Anda mencari supplier di website, marketplace, atau direktori bisnis, Anda dapat memeriksa testimoni konsumen pada kolom komentar. Dari sana Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas produk yang dijual, proses pengiriman, serta pelayanan dari supplier terkait.

4. Kontak Supplier

Setelah memastikan supplier-supplier pilihan Anda aman dan terpercaya, inilah saatnya untuk menghubungi mereka. Anda bisa langsung mendatangi kantor supplier pilihan Anda, namun akan lebih mudah bagi Anda untuk berkomunikasi dengan mereka via telepon, chat, ataupun email terlebih dahulu.

Tanyakan jumlah pesanan minimum, harga per sampel, waktu pengiriman, serta syarat pembayaran kepada supplier yang Anda tuju. Beri tahu dengan jelas detail produk yang Anda inginkan berikut jumlah pemesanan. Pastikan kebutuhan Anda dan penawaran supplier menemukan kesepakatan.

Di samping itu, jangan lupa untuk mencari tahu peraturan perusahaan supplier Anda. Apakah mereka memperbolehkan refund atau return apabila barang yang dikirimkan tidak sesuai atau rusak? Bagaimana dengan validitas perjanjian atau quotation barang?

Ketentuan-ketentuan ini harus Anda tanyakan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli barang dari supplier.

5. Evaluasi dan Deal!

Ketika sampai di tahap ini, Anda mungkin sudah memiliki beberapa opsi supplier terbaik pilihan Anda. Manakah yang harus dipilih?

Anda bisa membandingkan penawaran yang diberikan masing-masing supplier. Baca dengan teliti tiap penawaran yang ada. Jika Anda merasa harga yang ditawarkan masih terlalu mahal, coba untuk bernegosiasi dengan tim supplier.

Namun ingat, jangan sampai harga yang Anda tawar melebihi batas. Perhitungkan juga jumlah dan jenis barang yang akan Anda beli.

Apakah barang tersebut memang berkualitas atau sulit dicari? Tentu harganya akan sedikit lebih mahal. Seberapa banyak barang permintaan Anda? Semakin banyak jumlahnya, harga yang ditawarkan pun akan semakin murah.

Langkah terakhir, Anda tinggal deal dan melakukan pembayaran sesuai kesepakatan. Terus pantau kinerja supplier dalam memasok kebutuhan bisnis Anda. Supplier paling terpercaya sekalipun terkadang bisa lengah, oleh sebab itu pastikan segala transaksi berjalan sesuai perjanjian.

Penutup

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mendapatkan supplier terbaik untuk memenuhi kebutuhan bisnis ataupun operasional kantor Anda. Mendapatkan supplier yang aman dan terpercaya tentu juga akan mendukung produktivitas bisnis Anda.

Jika Anda masih kesulitan menjangkau supplier-supplier untuk kebutuhan bisnis Anda, Anda bisa coba langsung mengirimkan permintaan ke situs direktori bisnis, seperti Indotrading.com atau Indonetwork.co.id.

Ada berbagai perusahaan tangan pertama di situs direktori B2B yang bisa menjadi pilihan Anda. Dan kabar baiknya, dengan bantuan Fitur Request For Quotation (RFQ) di Indotrading.com misalnya, Anda pun tidak perlu repot menghubungi supplier satu demi satu.

Cukup isi form permintaan, dan Tim Indotrading.com akan mencarikan penawaran terbaik untuk Anda dari ribuan supplier terpercaya.

Selamat mencoba!

Sk/net

Most Popular

Ketua B2P3 Riau Gelar Berbuka Bersama

Pekanbaru(SK)-Ketua B2P3 Riau berbuka bersama di Sekretariat pekanbaru,Senin (10/5/21), Acara penuh keakraban dan sederhana tersebut dihadiri Sekretaris Budiono S.H dan Beberapa Kepala Bidang. Ketua PW...

GMKI Ingatkan Kapolda Tindak Tegas Pelanggar Prokes dan juga Kapolres di Seluruh Riau Yang Lalai Jalankan Tugas di Masa Pandemi

PEKANBARU(SK)---- Riau hampir lumpuh akibat meningkatnya kasus Covid-19. Bahkan dalam konferensi pers, Gubernur Riau Bapak Syamsuar menyampaikan saat ini keadaan di Riau tidak ada...

MODENA Luncurkan Produk Water Heater ES 15 SKY & ES 30 SKY dengan Teknologi IoT

Pekanbaru(SK) - PT MODENA Indonesia terus tunjukkan komitmennya untuk luncurkan produk inovatif terbaru untuk terus memperkuat posisinya sebagai brand terunggul dalam menyediakan peralatan rumah...

B2P3 Riau Jalin Silaturahmi dengan Panti Asuhan Putri Aisyah

PEKANBARU(SK) ---Ketua Oyong Tanjung (OT) selaku Ketua B2P3 menjelaskan bantuan ini berupa kepedulian Bersama antara B2P3 serta sejumlah jajarannya dan Panti Asuhan Edukasi memberikan paket...

Nasional

Ketua B2P3 Riau Ngopi Bareng Dengan Ketua B2P3 Pusar di Jakarta

0
Pekanbaru(SK)----Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan, ngopi bareng bersama Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Pusat,...

KPK Periksa Plt Kadis PUPR Bengkalis di Polda Riau

0
PEKANBARU(SK)--Penanganan perkara tindak pidana korupsi proyek pembangunan Jalan Lingkar Barat duri (multiyears) di Bengkalis tahun anggaran 2013 sampai 2015, yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan...

Bertemu Kepala BNPB, Edwar Sanger Serahkan Surat Peminjaman Heli

0
PEKANBARU(SK)--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, bertolak ke Jakarta. Untuk mengantarkan Surat peminjaman heli yang dibuat Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (18/2/2021). Tiba di Jakarta,...

Jangan Mudah Percaya Terhadap Kritik

0
PEKAN lalu hingga hari ini perbincangan tentang kebebasan menyampaikan kritik mengemuka di ruang publik. Bahkan ada yang beranggapan seolah selama ini kritik tidak berjalan....

Mahasiswa Pekanbaru Ikut Bertarung Rebut Ketum PB HMI Jakarta

0
JAKARTA(SK)- Perhelatan kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-XXXI akan dilaksanakan pada 17 Maret 2021 mendatang di Surabaya. Hari ini merupakan hari terakhir dalam pengembalian...

Riau

Ketua B2P3 Riau Gelar Berbuka Bersama

0
Pekanbaru(SK)-Ketua B2P3 Riau berbuka bersama di Sekretariat pekanbaru,Senin (10/5/21), Acara penuh keakraban dan sederhana tersebut dihadiri Sekretaris Budiono S.H dan Beberapa Kepala Bidang. Ketua PW...

GMKI Ingatkan Kapolda Tindak Tegas Pelanggar Prokes dan juga Kapolres di Seluruh Riau Yang...

0
PEKANBARU(SK)---- Riau hampir lumpuh akibat meningkatnya kasus Covid-19. Bahkan dalam konferensi pers, Gubernur Riau Bapak Syamsuar menyampaikan saat ini keadaan di Riau tidak ada...

MODENA Luncurkan Produk Water Heater ES 15 SKY & ES 30 SKY dengan Teknologi...

0
Pekanbaru(SK) - PT MODENA Indonesia terus tunjukkan komitmennya untuk luncurkan produk inovatif terbaru untuk terus memperkuat posisinya sebagai brand terunggul dalam menyediakan peralatan rumah...

B2P3 Riau Jalin Silaturahmi dengan Panti Asuhan Putri Aisyah

0
PEKANBARU(SK) ---Ketua Oyong Tanjung (OT) selaku Ketua B2P3 menjelaskan bantuan ini berupa kepedulian Bersama antara B2P3 serta sejumlah jajarannya dan Panti Asuhan Edukasi memberikan paket...

HUT KOTA Dumai ke-22, Ini Pesan dan Harapan Walikota

0
DUMAI(SK) --Pemerintah Kota Dumai hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 yang jatuh pada 27 April 2021. Perayaan hari jadi kota pelabuhan di...

Hukum

GMKI Ingatkan Kapolda Tindak Tegas Pelanggar Prokes dan juga Kapolres di Seluruh Riau Yang...

0
PEKANBARU(SK)---- Riau hampir lumpuh akibat meningkatnya kasus Covid-19. Bahkan dalam konferensi pers, Gubernur Riau Bapak Syamsuar menyampaikan saat ini keadaan di Riau tidak ada...

Rusak Lingkungan Akibat Borrow Pit PT Chevron, Yayasan Lingkungan Riau Curigai SKK Migas

0
PEKANBARU(SK)----Sejumlah pemuda dari yayasan lingkungan hidup Riau, datangi Kejati Riau guna melaporkan dugaan "kongkalikong" antara Perusahaan hulu migas, PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI)...

Ada Aksi Damai di Polres Inhil, Fauzi: Berduka Cita Atas Matinya Hukum di Inhil

0
INHIL(SK)- Sedikitnya 50 orang masyarakat yang mengatas namakan Pallapi Arona Ogi'e (PAO) melakukan aksi demontrasi dalam penyampaian aspirasi di Polres Indragiri hilir (Inhil) Senin...

Tolak Ajakan ML, Istri Putuskan Gantung Diri

0
PEKANBARU(SK)--Khoirul Azmi tampaknya akan menyesal seumur hidup, karena ajakan isterinya Making Love (ML), ditolaknya. Sehingga berakibat kehilangan pujaan hatinya untuk selama-lamanya, Rabu (14/4/2021). Istrinya NO...

Istana Warning Panglima TNI dan Kapolri Soal Sengketa Lahan Gondai

0
Pekanbaru(SK) - Ribut eksekusi lahan Desa Gondai, Kabupaten Pelalawan, mendapat perhatian dari Kantor Staf Presiden (KSP). Lembaga di bawah komando Jenderal (purn) Moeldoko itu...

Kesehatan

Vaksinasi Tahap II, Diwajibkan Terapkan Prokes

0
PEKANBARU(SK)--Setelah kegiatan Vaksinasi pejabat Publik digelar di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), kegiatan kedua digelar hari ini, Senin (15/3/2021). Untuk di Pekanbaru, kegiatan diselenggarakan di...

Covid-19 Masih Mengganas di Kuansing, Camat Sentajo Raya Jadi Korban

0
TELUKKUANTAN(SK)-Virus Covid 19 tampaknya masih mengganas di wilayah Kuantan-Sengingi (Kuansing). Kali ini Camat Sentajo Raya Akhyan Armofhis yang menjadi korbannya. Akhyan diketahui meninggal dunia,...

Gubernur Sampaikan Siap Laksanakan Target Vaksinasi

0
PEKANBARU(SK)--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, melakukan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara...

Ditlantas dan Dishub Sosialisasi dan Bagikan Masker Gratis

0
PEKANBARU(SK)--Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau membagikan masker gratis di Plaza Sukaramai Jalan Sudirman,...

Pemprov Terima 169 Usulan Santunan Keluarga Pasien Covid-19 yang Meninggal

0
PEKANBARU(SK)--Pemerintah Provinsi Riau, mengusulkan 169 orang dari keluarga pasien yang meninggal dunia Covid-19, untuk dilaporkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Pengusulan data ini, karena...