Minggu, Desember 5, 2021
Beranda BERITA UTAMA 70 Persen Backup Data Rekaman CCTV Bisa Diselamatkan

70 Persen Backup Data Rekaman CCTV Bisa Diselamatkan

Irwan dan Tino saat disumpah menjadi saksi dalam persidangan pembobolan rekening nasabah BJB Pekanbaru di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Senin (18/10/2021).

PEKANBARU(SK) – Sidang pembobolan rekening nasabah BJB Pekanbaru yang dipimpin hakim Dahlan SH dengan terdakwa teller BJB Tarry Dwi Cahya menghadirkan dua orang saksi yakni mantan Pemimpin Cabang BJB Pekanbaru Irwan dan Ristino Dwijayanto dari Zenith Komputer, Senin (18/10/2021).

Dalam keterangan saksi Ristino, dia bekerja di Zenith Komputer dari tahun 2013-2017, bekerja sebagai teknisi. “Sebelumnya tidak ada kerja sama antara Zenith Komputer dengan BJB sampai datang ibu Sofi ke Zenith Komputer dan minta dilakukan kerja sama secara lisan. Kerja sama terkait maintenance dan perbaikan CCTV,” ujar Tino mengawali keterangannya. Setelah ada kerja sama secara lisan, pekerjaan dimulai tahun 2014 hingga tahun 2018.

“Saya kenal pak Irwan (mantan pimpinan cabang BJB 2017-2018) saat datang ke toko Agustus 2018 untuk membackup data BJB, secara lisan meminta backup data mulai 2014-2018. Awalnya saya mengiyakan, saat itu Irwan datang bersama Arif Budiman,” ujar Tino.
Tino mengaku tidak tahu mengapa Irwan minta backup data. “Tapi dari security mengatakan ada masalah, gitu. Baru saya tahu,” katanya.

“Apakah berhasil?” tanya JPU, Zurwandi SH.

“Kalau untuk proses backup, itu prosesnya penimpaaan. Kalau kapasitas hardisk itu 4 tera, jika full itu akan tertimpa data sebelumnya,” jelas saksi.

“Apakah data yang ditimpa tidak hilang?” tanya JPU lagi.

“Tidak hilang,” jawab saksi.

“Kalau misalnya awalnya terabyte jadinya kilobyte, ibaratnya kalau kertas itu dipotong kecil-kecil,” ujar saksi menjelaskan.

“Artinya tidak hilang? Dan berhasil dibackup?” tanya JPU lagi.
“Iya, tidak hilang. Hanya ada bagian-bagian yang hilang,” tegas Tino.

Dari permintaan awal, lanjut Tino, berkembang backup data diminta di tanggal-tanggal tertentu. “Ini diminta oleh pak Sony manager operasional BJB.
Akhir tahun diminta backup data mulai 2014 hingga akhir tahun 2017, khusus akhir tahun saja,” katanya.

Untuk proses backup, ada penimpaan data sebelumnya. Dan data yang kena timpa tidak hilang tetapi menjadi bagian terpotong-potong, hasilnya 70-80 persen bisa diselamatkan. Pertama pelaporan hasil ini disampaikan kepada pak Sony dan Doni. Saat itu diminta untuk membuka dan melihat hasilnya di lantai III kantor BJB dan saat itu banyak pihak dari BJB yang hadir. Saat itu tidak ada Arif Budiman. Rekaman yang diputar akhir tahun 2017 mulai tanggal 26-30 Desember.

Apakah hasil backup ini diberikan ke Arif? Saat pak Irwan datang ada pemberitahuan adanya keterbukaan informasi yakni copyannya diberikan ke Arif. Namun belakangan pak Sony memerintahkan agar tidak diberikan ke Arif.

Backup diperlihatkan, tak ada korban Arif yang ada para petinggi BJB saja. Hasil backup ini berhasil diselamatkan sekitar 70 persen dan diserahkan langsung kepada pak Doni.

Saksi juga menyebutkan, dirinya datang sendiri menyerahkan hasil backup itu ke Kantor BJB. Dan saat hasil backup CCTV itu dibuka, ada beberapa orang dari pihak BJB yang hadir.

“Apakah Pak Arif (korban) juga ada saat dibuka hasil backup itu,” tanya JPU.

“Pak Arif tidak ada,” sebut saksi.

“Waktu penyerahan hasil backup itu saya datang sendiri. Dan yang dibuka yang tahun 2017 saja, tanggal 26-30 Desember 2017 saja,” terang saksi lagi.

“Ada beritahukan ke Pak Arif hasilnya,” tanya JPU.

“Awalnya waktu Pak irwan datang, disampaikan bahwa hasilnya diberikan juga ke Pak Arif. Setelah berjalan diambil alih Pak Soni, Pak Soni bilang jangan berikan ke Pak Arif,” terang saksi.

Penasehat Hukum terdakwa juga menanyakan terkait kliennya apakah juga hadir menyaksikan saat hasil backup CCTV itu dibuka.

Saksi menjawab tidak.

Usai sidang, kepada wartawan Tino mengaku dari rekaman akhir Desember 2017 khususnya tanggal 30 Desember 2017 tidak melihat ada Arif datang ke BJB melakukan transaksi. “Rekaman tanggal 30 Desember 2017 kita periksa dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB tidak ada pak Arif Budiman dalam rekaman, tak ada Arif melakukan transaksi. Rekaman ini terlihat jelas,” paparnya.

Sementara itu, saksi Irwan menerangkan dirinya mulai menjabat sebagai pimpinan BJB Pekanbaru mulai Mei 2017 hingga 3 Oktober 2018. “Selesai saya, digantikan Rahmat Abadi. Sementara Tarry saat saya memimpin sebagai teller,” tegas Irwan.

JPU Zurwandi SH meminta agar saksi menjelaskan job desk pekerjaannya sebagai pimpinan cabang. Dimana dia mengelola operasional dan bisnis cabang.
Setiap transaksi di BJB ada kewenangan masing-masing divisi sesuai job desknya. Namun untuk keuangan BJB saya selalu memantaunya.

Terkait transaksi Arif Budiman saksi mengaku mengenalnya apalagi korban merupakan nasabah prioritas. “Seingat saya Arif sebagai debitur di BJB dan Arif punya pinjaman kredit,” katanya.

Menjadi nasabah prioritas secara umum sama dengan nasabah lain yang membedakannya nasabah prioritas tidak perlu antrean.

3 Mei 2018 Arif mengajukan keluhan bahwa Arif merasa tidak melakukan transaksi namun uangnya tertarik.
“Awal mula mengetahui masalah ini saat nasabah mengajukan keluhan ke BJB dan kita mengadakan pertemuan dengan menghadirkan beberapa pihak dan Tary ada di sana yang mulia,” katanya.

Pertemuan tanggal 8 Mei 2018 di Hotel Pangeran untuk konfirmasi terkait keluhan Arif. Saat itu ada Tary dan seluruh manager BJB kecuali Indra Osmer.

Hasilnya, Arif mengeluh kredit di BJB sejak 2014 namun kreditnya tidak lunas-lunas sementara uangnya di rekening tertarik sementara Arif tidak melakukan transaksi. Berdasarkan pertemuan tersebut akhirnya dilakukan audit oleh kantor pusat SKAI untuk melakukan rekonsiliasi.

Setelah rekon selama 2-3 Minggu diadakan pertemuan tanggal 30 Mei menyampaikan hasil rekonsiliasi. Berdasarkan hasil rekon, ada beberapa transaksi yang tidak dilakukan korban Arif, terdapat ketidakjelasan pencatatan keuangan di kantornya.

“Saya tak hapal berapa banyak transaksinya yang tahu persis itu pihak SKAI, kantor pusat,” kata Irwan terkekeh.
“Penarikan cek, kalau transaksi di atas Rp10 miliar baru otorisasi pada saya. Kalau di bawah itu otorisasi bawahan seperti manager operasional maupun supervisor BJB,” gamblangnya.

“Pada tanggal 30 Desember 2017 ada transaksi sebesar Rp 6,5 miliar dari rekening Arif Budiman. Saat itu Indra yang mentransaksikannya ke Rusli sebesar Rp1,1 miliar, sisanya transaksi dipecah-pecah. Transaksi ini untuk pencapaian target kinerja terdakwa Indra dan Indra meminta bantuan ke teller Tary,” jelas Irwan.

Karena kasus ini Indra diberhentikan dari BJB sedangkan ia diberikan sanksi peringatan karena tidak melakukan monitoring.

Terkait CCTV bagaimana? Tanya JPU. “Ketika kasus ini mencuat saya tahu CCTV dalam kondisi rusak dan tidak ada backup data karena rekaman akan tertimpa setelah dua tiga bulan dan backupnya juga rusak. Itu yang disampaikan manager operasional Sony kepada saya, yang mulia,” katanya.

Auditor SKAI BJB Pusat Asep datang ke Pekanbaru untuk melakukan audit karena dalam laporan Arif mengaku transaksi keuangannya tidak sempurna.

Sebuah cek tidak bisa dicairkan bila syarat formil tidak terpenuhi dan tidak adanya dana tersedia.

Harusnya saat pencairan cek, supervisor maupun manager operasional yang melakukan konfirmasi ke nasabah.
Indra pegawai yang sering berinteraksi dengan korban Arif. Apakah pembayaran kredit dari dana masuk proyek apakah bisa dilakukan tanpa sepengetahuan bagian kredit. Dana proyek ini yang masuk diblokir dan yang berhak membuka blokir adalah manager operasional maupun supervisor. Teller berhak melihat berapa jumlah rekening nasabah.

SKibl

Most Popular

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Nasional

Telkomsel-Zoom Kolaborasi Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau

0
Jakarta(SK)- Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) hari ini mengumumkan kolaborasi guna menghadirkan pengalaman premium berinteraksi secara virtual bagi para pelanggan Telkomsel. Dalam kolaborasi...

Dana BSU Peserta BPJAMSOSTEK Cair

0
PEKANBARU(SK) - Pemerintah sudah mulai melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pada pekan lalu sudah diserahkan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada...

Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia Mengadakan Ujian Ke- 32

0
PEKANBARU----Porsea, Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia (PKNSI) mengadakan ujian kenaikan sabuk yang ke- 32 di Desa Jonggi Manulus Kecamatan Permaksian Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tokoh Agam Dukung T Rusli Ahmad Jadi Ketua FKUB, Ketua DPH LAMR : Sudah...

0
PEKANBARU(SK) - Dukungan terhadap Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) T. Rusli Ahmad menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi...

Riau

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

0
ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

0
ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Perusahaan Wajib Mempekerjakan Difabel

0
PEKANBARU(SK) - Guna memberikan apresiasi kepada disabilitas, BP Jamsostek Pekanbaru Kota menggelar gathering. Acara yang digelar di Hotel Angkasa, Kamis (2/12) dihadiri disabilitas yang...

Hukum

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di...

0
PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Sosialisasi Penguatan Hukum Adat, AMA Melayu Riau dan LAM Riau Berkunjung ke Selatpanjang

0
Meranti(SK) --Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Melayu Riau melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi penguatan adat bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti bertempat di Rumah...

Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

0
PEKANBARU(SK) - Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menengarai adanya aktivitas Illegal Logging di dua daerah di Provinsi Riau,...

Kapolres Rohul Bersama PT SAI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karlahut

0
ROKANHULU(SK)--Memasuki musim kemarau, sebagai upaya tindakan antisipatif dan preventif terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jajaran Polres Rokan Hulu menggelar Apel kesiapsiagaan Karhutla...

Kesehatan

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

Vaksinasi BIN Riau Tuntas, 4.080 Dosis Disuntikan Kepada Pelajar dan Warga Daerah Pinggiran

0
ROKANHULU(SK)--Serbuan Vaksinasi yang dimotori Badan Intelljen Negara Daerah (BIN) Daerah Riau, Rabu (24/11/2021) tuntas dilaksanakan. Dari 4.080 dosis vaksin yang dialokasikan untuk Kabupaten Rokan...

BIN Riau Gesa Vaksinasi Bagi Pelajar di Rohul

0
ROKANHULU(SK)--Demi percepatan vaksinasi dikalangan pelajar, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau Terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Kali ini kegiatan vaksinasi bagi pelajar di pusatkan...

BIN Riau Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Dan Pelajar di Kuansing

0
Kuansing(SK) – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau melaksanakan Vaksinasi untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dan mendukung percepatan Herd Immunity bagi...

Bupati Rohul door to Door Ajak Warga Divaksinasi

0
ROKANHULU(SK)--Bupati Rokan Hulu (Rohul) door to Door Ajak Warga divaksinasi. Hal itu bisa dilihat dari Vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah...