Minggu, Desember 5, 2021
Beranda BERITA UTAMA Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer,...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di BJB Pekanbaru

PEKANBARU(SK) – Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry Dwi Cahya yang dalam perkara itu hanya sebagai seorang Teller.

Indra Osmer menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (25/11). Mantan Manager Bisnis Konsumer BJB Pekanbaru itu menjalani persidangan secara virtual dari Rutan Mapolda Riau.

Dikutip dari website resmi PN Pekanbaru di laman : https://sipp.pn-pekanbaru.go.id/, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menyatakan Indra Osmer Gunawan Hutauruk secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana perbankan sebagaimana yang didakwakan dalam Dakwaan Alternatif Pertama.

Menurut Jaksa, dia terbukti melanggar Pasal 49 ayat (1) huruf a Undang-undang (UU) RI Nomor : 10 Tahun 1998, tentang Perubahan atas UU RI Nomor : 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Untuk itu, JPU menginginkan Indra Osmer dihukum pidana penjara selama 8 tahun dikurangi selama dia berada dalam tahanan sementara. Selain itu, Jaksa juga menuntut yang bersangkutan dengan pidana denda sebesar Rp10 miliar subsidair selama 6 bulan kurungan.

Berbeda dengan Indra, terdakwa lainnya Tarry Dwi Cahya malah dituntut lebih tinggi. Walaupun secara jabatan, Tarry hanya seorang Teller.

“Menuntut terdakwa Tarry Dwi Cahya dengan pidana penjara 10 tahun dan pidana denda Rp10 miliar subsidair 6 bulan kurungan,” ujar Jaksa Zurwandi di hadapan majelis hakim yang diketuai Dahlan pada sidang yang digelar pada Senin (22/11) kemarin.

Menurut Jaksa, terdakwa Tarry Dwi Cahya terbukti bersalah sebagaimana yang didakwakan dalam Dakwaan Kombinasi Kesatu Pertama, melanggar Pasal 49 ayat (1) huruf a UU RI Nomor : 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU RI Nomor : 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP, dan Dakwaan Kedua Pertama, melanggar Pasal 49 ayat (1) huruf a UU RI Nomor : 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas UU RI Nomor : 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Atas tuntutan JPU tersebut, penasehat hukum terdakwa menyampaikan akan mengajukan pledoi atau nota pembelaan pada sidang berikutnya.

Dalam dakwaannya, JPU menyatakan bahwa terdakwa Indra Osmer secara bersama-sama dengan Tarry Dwi Cahya (dilakukan penuntutan terpisah) pada 13 Oktober 2017 sampai 30 Desember 2017 di Kantor BJB Pekanbaru melakukan perbuatan yang melawan hukum.

Terdakwa (Indra Osmer) sebagai orang yang melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja membuat atau menyebabkan adanya pencatatan palsu dalam pembukuan atau dalam laporan, maupun dalam dokumen atau laporan kegiatan usaha, laporan transaksi atau rekening suatu bank.

Diketahui, perkara yang menjerat kedua terdakwa ini sebelumnya ditangani Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau. Kedua terdakwa diduga terlibat dalam dugaan tindak pidana perbankan yang merugikan nasabah Arif Budiman.

Saat proses penyidikan, polisi telah melakukan penahanan terhadap Indra Osmer, yakni pada medio Juni 2021. Sementara Tarry saat itu, belum dilakukan penahanan.

Seiring jalannya waktu, berkas perkara keduanya telah dinyatakan lengkap atau P-21. Hal itu setelah Jaksa Peneliti menelaah kelengkapan syarat formil dan materil perkara.

Dengan telah dinyatakan P-21, tahapan berikutnya adalah pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU). Saat tahap II pada Jumat (30/7) kemarin, Jaksa kemudian melakukan penahanan terhadap Tarry Dwi Cahya. Keduanya dititipkan di sel tahanan Mapolda Riau.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto pernah memaparkan kronologis perbuatan kedua tersangka. Yaitu, berawal pada Januari 2018, pelapor Arif Budiman yang merupakan nasabah bank tersebut, mengetahui bahwa telah terjadi transaksi pencairan cek dari beberapa rekening giro perusahaan miliknya yang dilakukan tanpa seizin dan persetujuan dirinya.

Atas dasar tersebut, penyidik Ditreskrimsus Polda melakukan serangkaian kegiatan penyelidikan hingga kemudian menaikkan status perkara ke tingkat penyidikan.

“Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 22 saksi termasuk saksi ahli perbankan, OJK (Otoritas Jasa Keuangan,red) RI,” kata Kombes Pol Sunarto, beberapa waktu yang lalu.

Dari keterangan saksi, bukti dokumen serta hasil pemeriksaan Laboratorium Forensik (Labfor), penyidik menemukan fakta terjadinya perbuatan melawan hukum dalam proses transaksi 9 lembar cek yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Adapun modus operandi yang digunakan tersangka Tarry selaku Teller menuliskan dan menirukan tanda tangan nasabah pada cek atas perintah tersangka Indra Osmer untuk selanjutnya melakukan transaksi penarikan dari rekening giro tanpa melakukan verifikasi yang menjadi syarat formil kelengkapan cek. Uang pencairan tersebut kemudian diberikan kepada yang tidak berhak, yakni Indra.

“Tersangka IOG dalam jabatannya sebagai Manager Bisnis Komersial memerintahkan tersangka TDC untuk melakukan pencairan cek tanpa izin sepengetahuan nasabah dan menerima uang pencairan cek dari Teller tetapi tidak diserahkan kepada yang berhak,” beber perwira menengah Polri yang akrab disapa Narto.

Akibat perbuatan para tersangka ini, nasabah Arif Budiman mengalami kerugian sebesar Rp3.200.800.000. Saat ditanya, apakah nilai tersebut berkesesuaian dengan yang dilaporkan korban, Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Pol Ferry Irawan memberikan penjelasannya.

“Untuk jumlah uang atau total semuanya, perkiraan hampir Rp30 miliar. Sementara yang dicairkan tersangka Rp3.200.800.000. Masih kita dalami, kita kembangkan, apakah total itu masih terus bertambah ataupun cukup pada angka Rp3,2 miliar,” kata Kombes Pol Ferry yang mendampingi Kombes Pol Sunarto saat itu.

Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Riau, Kompol Teddy Ardian, kemudian menambahkan penjelasan tersebut.

“Tentunya penyidik menggali terkait barang bukti yang ada. Sehingga ini yang kita kawinkan, dan muncul angka Rp3,2 miliar ini. Ketika ini bisa kita buktikan melalui transaksi cek dan rekening, dan ini diperkuat dengan audit internal Bank BJB, sehingga ketemu di angka Rp3,2 miliar,” imbuh Kompol Teddy.

SK/ibl

Most Popular

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Nasional

Telkomsel-Zoom Kolaborasi Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau

0
Jakarta(SK)- Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) hari ini mengumumkan kolaborasi guna menghadirkan pengalaman premium berinteraksi secara virtual bagi para pelanggan Telkomsel. Dalam kolaborasi...

Dana BSU Peserta BPJAMSOSTEK Cair

0
PEKANBARU(SK) - Pemerintah sudah mulai melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pada pekan lalu sudah diserahkan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada...

Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia Mengadakan Ujian Ke- 32

0
PEKANBARU----Porsea, Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia (PKNSI) mengadakan ujian kenaikan sabuk yang ke- 32 di Desa Jonggi Manulus Kecamatan Permaksian Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tokoh Agam Dukung T Rusli Ahmad Jadi Ketua FKUB, Ketua DPH LAMR : Sudah...

0
PEKANBARU(SK) - Dukungan terhadap Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) T. Rusli Ahmad menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi...

Riau

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

0
ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

0
ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Perusahaan Wajib Mempekerjakan Difabel

0
PEKANBARU(SK) - Guna memberikan apresiasi kepada disabilitas, BP Jamsostek Pekanbaru Kota menggelar gathering. Acara yang digelar di Hotel Angkasa, Kamis (2/12) dihadiri disabilitas yang...

Hukum

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di...

0
PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Sosialisasi Penguatan Hukum Adat, AMA Melayu Riau dan LAM Riau Berkunjung ke Selatpanjang

0
Meranti(SK) --Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Melayu Riau melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi penguatan adat bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti bertempat di Rumah...

Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

0
PEKANBARU(SK) - Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menengarai adanya aktivitas Illegal Logging di dua daerah di Provinsi Riau,...

Kapolres Rohul Bersama PT SAI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karlahut

0
ROKANHULU(SK)--Memasuki musim kemarau, sebagai upaya tindakan antisipatif dan preventif terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jajaran Polres Rokan Hulu menggelar Apel kesiapsiagaan Karhutla...

Kesehatan

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

Vaksinasi BIN Riau Tuntas, 4.080 Dosis Disuntikan Kepada Pelajar dan Warga Daerah Pinggiran

0
ROKANHULU(SK)--Serbuan Vaksinasi yang dimotori Badan Intelljen Negara Daerah (BIN) Daerah Riau, Rabu (24/11/2021) tuntas dilaksanakan. Dari 4.080 dosis vaksin yang dialokasikan untuk Kabupaten Rokan...

BIN Riau Gesa Vaksinasi Bagi Pelajar di Rohul

0
ROKANHULU(SK)--Demi percepatan vaksinasi dikalangan pelajar, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau Terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Kali ini kegiatan vaksinasi bagi pelajar di pusatkan...

BIN Riau Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Dan Pelajar di Kuansing

0
Kuansing(SK) – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau melaksanakan Vaksinasi untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dan mendukung percepatan Herd Immunity bagi...

Bupati Rohul door to Door Ajak Warga Divaksinasi

0
ROKANHULU(SK)--Bupati Rokan Hulu (Rohul) door to Door Ajak Warga divaksinasi. Hal itu bisa dilihat dari Vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah...