Minggu, November 22, 2020
Beranda BERITA UTAMA Bos Besar Samsung Lee Kun-hee Meninggal Dunia

Bos Besar Samsung Lee Kun-hee Meninggal Dunia

Minggu, November 22, 2020

Sentrakabar.com- Bos raksasa elektronik Samsung Lee Kun-hee dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (25/10/2020) di Seoul, ibu kota Korea Selatan. Lee meninggal di usia 78 tahun.

Dikutip The New York Times, 24 Oktober 2020, Samsung mengumumkan kematian Lee, tetapi tidak merinci soal penyebab kematiannya.

Sebelumnya Lee diketahui telah lumpuh sejak serangan jantung pada 2014.

Selain putranya, Lee Kun-hee juga meninggalkan saudara perempuannya Sook-hee, Soon-hee, Deok-hee dan Myung-hee. Dia juga meninggalkan istrinya, Hong Ra-hee; putrinya Boo-jin dan Seo-hyun; serta tujuh cucu.

Bagaimana rekam jejaknya?
Lee merupakan pemimpin Samsung Group sejak 1987 hingga 1998. Kemudian pada 1998 sampai 2008 dia menjabat ketua dan kepala eksekutif Samsung Electronics.

Dia lahir pada 9 Januari 1942 di Daegu, Korea Selatan. Orang tuanya adalah Park Doo-eul dan Lee Byung-chull, yang mendirikan Samsung beberapa tahun sebelumnya.

Lee lulus dari Universitas Waseda di Tokyo pada 1965. Ia kemudian belajar di program master di Universitas George Washington tetapi tidak menerima gelar.

Dia memulai karirnya di Tongyang Broadcasting Company (afiliasi Samsung pada saat itu) pada 1966.

Lee bekerja di Samsung C&T, perusahaan konstruksi dan perdagangan konglomerat, sebelum diangkat menjadi wakil ketua Samsung Group pada tahun 1979.

Sebelum menjadi raksasa elektronik dunia, awalnya bisnis Samsung adalah pengekspor buah dan ikan kering.

Samsung pertama kali tumbuh dengan mendominasi bahan pokok konsumen, seperti gula dan tekstil, yang dibutuhkan Korea yang saat itu dilanda perang.

Samsung kemudian berkembang menjadi perusahaan asuransi, pembuatan kapal, konstruksi, semikonduktor dan banyak lagi.

Lee mengambil alih Samsung Group pada 1987, setelah kematian ayahnya dan pendiri konglomerat.

Saat itu orang-orang mengenal Samsung hanya sebagai pembuat televisi murah dan gelombang mikro yang tidak dapat diandalkan serta dijual di toko diskon.

Ketika dia menjadi ketua pada 1987, dia mengambil suatu fiksasi dari ayahnya pada perencanaan untuk masa depan yang lebih jauh.

“Kami berada dalam transisi yang sangat penting. Jika kami tidak pindah ke industri yang lebih padat modal dan teknologi, kelangsungan hidup kami mungkin dipertaruhkan,” kata Lee tak lama setelah memimpin, dalam sebuah wawancara dengan Forbes.

Industri elektronik
Perubahannya makin terlihat saat Lee mengumpulkan sejumlah manajer Samsung Electronics ke sebuah hotel mewah di Frankfurt pada 1993.

Selama berhari-hari, dia menguliahi para eksekutif, mendesak mereka untuk mengubur cara-cara lama dalam bekerja dan berpikir.

“Ubah segalanya, kecuali istri dan anak-anakmu,” katanya.

Samsung pun memutuskan akan fokus pada peningkatan kualitas produk daripada meningkatkan pangsa pasar.

Lee tanpa henti mendorong perusahaan itu menaiki tangga teknologi. Pada awal 1990, Samsung telah melampaui saingannya, Jepang dan Amerika, dalam kecepatan chip memori.

Pada 1995, sebagai bagian dari penekanan pada kualitas, Lee mengunjungi pabrik Samsung di kota Gumi setelah sejumlah ponsel ditemukan rusak.

Menurut buku karya Tony Michell berjudul “Samsung Electronics and the Struggle for Leadership of the Electronics Industry” yang terbit pada 2010, pekerja pabrik Gumi berkumpul di halaman dan dipaksa mengenakan ikat kepala dengan tulisan “Kualitas Pertama.”

Lee dan dewan direksi duduk di bawah spanduk yang bertuliskan “Kualitas adalah Kebanggaan Saya.”

Bersama-sama mereka menyaksikan telepon, mesin faks, dan inventaris lainnya senilai 50 juta dolar dihancurkan dan dibakar. Para karyawan menangis.

Dia saat itu percaya bahwa elektronik akan menjadi bagian integral dari mobil, lalu dia memulai menjual mobil pada pertengahan 1990. Samsung Motors juga dijual pada 2000.

Hubungan dengan Hollywood juga berumur pendek. Pada 1995, Steven Spielberg mengajak Lee keluar saat makan malam tentang investasi di sebuah studio film.

Meskipun menjadi penggemar film, ketua dan eksekutif Samsung lainnya akhirnya berbicara tentang microchip.

Samsung memasuki fase penaklukan global pada tahun 2000-an, menggunakan perangkat yang mencolok dan pemasaran yang rapi untuk menanamkan namanya dengan kuat ke dalam benak konsumen Barat.

Pada 2007, dia telah mengidentifikasi krisis yang membayangi Samsung berikutnya.

China menguasai manufaktur kelas bawah, sementara Jepang dan Barat masih memimpin dalam teknologi canggih. Perusahaan Korea Selatan (termasuk Samsung) terjepit di antaranya.

Setelah itu menjabat sebagai ketua Samsung Electronics mulai 2010 hingga meninggal dunia. Dengan semua itu dia menjadi orang terkaya di Korea Selatan.

Berpengaruh di Korsel
Selama masa jabatannya, meskipun Lee memiliki lebih banyak tanggung jawab di grup, dia tetap menjadi pemikir besar Samsung dan penyedia arahan strategis besar.

Tetapi kepemimpinannya juga menunjukkan cara-cara yang terkadang meragukan di mana kerajaan bisnis keluarga Korea Selatan (yang dikenal sebagai chaebol) melindungi pengaruh mereka.

Dinasti perusahaan Korea Selatan adalah sumber utama vitalitas ekonomi sehingga beberapa orang Korea Selatan bertanya-tanya apakah chaebol menyandera negara mereka.

Pada 1996, Lee dihukum karena menyuap presiden Korsel, tapi kemudian diampuni. Lebih dari satu dekade kemudian, dia dinyatakan bersalah atas penggelapan pajak tetapi diberi penangguhan hukuman lagi.

Hal itu agar dia dapat melanjutkan lobi untuk membawa Olimpiade Musim Dingin ke kota pegunungan Pyeongchang pada 2018.

Tak lama setelah Pyeongchang Games, Lee Myung-bak, presiden Korea Selatan dari 2008-2013, dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena menerima suap sebesar 5,4 juta dolar dari Samsung sebagai imbalan untuk mengampuni Lee.

Ketika Lee memulai perombakan berikutnya pada cara Samsung, muncul tuduhan bahwa dia telah menghindari pajak atas miliaran dolar yang seharusnya disimpan di rekening rahasia.

Alih-alih melawan tuduhan itu, ia mengejutkan Korea Selatan dengan mengumumkan pengunduran dirinya di televisi langsung pada 2008. Dia diampuni dan kemudian diangkat kembali sebagai ketua Samsung pada 2010.

Samsung Electronics saat ini adalah landasan ekonomi Korea Selatan dan salah satu perusahaan yang menghabiskan banyak uang untuk penelitian serta pengembangan.

Sk/kpc

Most Popular

Ajisman Solat Jumat, Truk Dibawa Kabur Pencuri

PEKANBARU--Kepolisian Sektor (Polsek) Kampar Kiri, bersama warga berhasil mengamankan pelaku pencurian mobil yang ditinggal saat pemiliknya solat Jumat, (20/11/2020). Pencurian yang terjadi di areal SPBU...

Truk Apple Dirampok, Gadget Senilai Rp 94 Miliar Raib

Sentrakabar - Gadget Apple kembali menjadi korban kejahatan. Peristiwa kali ini menimpa truk pengangkut barang berisi perangkat-perangkat seperti iPhone 11, AirPods, dan Apple Watch....

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Denny Sumargo dan Olivia Alan Resmi Menikah

Sentrakabar - Aktor Denny Sumargo resmi mengucap janji sehidup semati dengan sang kekasih, Olivia Alan. Pernikahan bernuansa outdoor itu digelar di The Green Forest...

Nasional

Pemerintah Belum Beri Bantuan Pada Pengungsi Merapi Butuh

0
Sentrakabar -- Para pengungsi yang berdomisili di Kawasan Rawan Bencana III erupsi Gunung Merapi, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membutuhkan sembako seperti beras, susu,...

Banjir Landa 5 Kecamatan di Padang Pariaman, 349 Warga Diungsikan

0
Sentrakabar-Lima kecamatan di Padang Pariaman, Sumatera Barat dilanda banjir, Sabtu (21/11/2020) Akibat banjir itu tercatat 97 rumah mengalami kerusakan, 349 warga terpaksa diungsikan. Selain itu...

Akhirnya Terungkap, Pemeran dan Pembuat Video Syur Mirip Gisel Ternyata adalah Sahabat Sendiri: Ada...

0
Jakarta--Video Syur Mirip Gisel memasuki babak baru. Penyidik Polda Metro Jaya telah mengantongi sumber atau pembuat Video Syur Mirip Gisel yang berdurasi 19 detik. Hal tersebut...

Gus Nur Dikabarkan Reaktif Covid-19 di Rutan Bareskrim

0
Sentrakabar -- Tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU), Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur dikabarkan reaktif Covid-19 saat mendekam di Rumah Tahanan...

Habib Rizieq Bicara Rekonsiliasi, Pemerintah Tegaskan Posisi

0
Sentrakabar - Habib Rizieq Syihab merespons soal gaungan rekonsiliasi sepulangnya dia ke tanah air. Secara gamblang, Habib Rizieq mengatakan pihaknya akan rekonsiliasi kalau pemerintah...

Riau

Ajisman Solat Jumat, Truk Dibawa Kabur Pencuri

0
PEKANBARU--Kepolisian Sektor (Polsek) Kampar Kiri, bersama warga berhasil mengamankan pelaku pencurian mobil yang ditinggal saat pemiliknya solat Jumat, (20/11/2020). Pencurian yang terjadi di areal SPBU...

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

0
PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Gubernur : Aktifkan Belajar Tatap Muka, Harus ada Izin Kami

0
  PEKANBARU--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi mengingatkan, bagi Kepala sekolah (Kepsek) SMA dan SMK serta SLB negeri di Provinsi Riau yang ingin membuka sekolah...

DPP FORGUPAHSN Riau Apresiasi Gubernur Riau Naikan Gaji Guru Honor Daerah SMA/SMK

0
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan menaikkan gaji guru honor daerah SMA/SMK kabupaten dan kota di Riau. Menyikapi hal ini, pengurus...

Terbanyak kedua Setelah Jakarta, Dari 688 Kasus, Lebih Separuhnya Hasil Uji Swab Lapas

0
PEKANBARU--Sejak masa Pandemi Covid-19, di bulan Maret lalu. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Riau, mencatat, Kamis (19/11/2020) merupakan angka tertinggi terkonfirmasi positif di Bumi...

Hukum

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

0
PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Polisi Usut Moge Bodong Pengeroyok TNI di Bukittinggi

0
Sentrakabar -- Polda Sumatera Barat (Sumbar) saat ini tengah mendalami motor moge (moge) sejumlah anggota Harley-Davidson Owner Group Siliwangi Bandung Cahpter (HOG SBC) yang...

Kritik RUU Minuman Beralkohol, Persekutuan Gereja: Sangat Kekanak-kanakan

0
Sentrakabar -- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia mengkritik DPR yang hendak membahas Rancangan Undang-undang Larangan Minuman Beralkohol. Ketua Umum PGI Gomar Gultom menilai pendekatan dalam...

Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Pembangunan Irigasi Sungai Tanduk

0
Sentrakabar - Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap buron kasus korupsi pembangunan irigasi Sungai Tanduk di Jambi, Ibnu Ziady MZ. Ibnu Ziady diamankan di sebuah apartemen...

Oknum Kades di Kecamatan Bathin Solapan Diduga Pungli

0
PEKANBARU--Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimum) Polda Riau saat ini sedang menangani dugaan Pungli yang dilakukan oknum kepala desa di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Hal...

Kesehatan

Kadiskes Riau: Tempat Isolasi Mandiri yang Disediakan Pemerintah Gratis

0
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau tidak membatasi pasien positif Corona (Covid-19) untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun perlu disadari, bahwa isolasi mandiri di rumah akan sangat...

Melaney Ricardo Ajak Netizen Room Tour di RS Covid-19,

0
Sentrakabar -- Presenter, Melaney Ricardo membuat vlog selama ia menjalani perawatan di rumah sakit karena positif Covid-19. Video yang dibagikannya di kanal Youtubenya pada Jumat...

209 Terjaring Petugas di Chek Poin

0
PEKANBARU--Sebanyak 209 orang terjaring melanggar protokol kesehatan, dengan tidak menggunakan masker, di cek poin. Hasil itu, didapat petugas dari sebanyak 3.700 orang yang diperiksa petugas...

Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

0
Sentrakabar - Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk...

Ingin Payudara Tetap Kencang? Ini 5 Tips Merawatnya

0
sentrakabar.com - Memiliki tampilan payudara yang sehat dan kencang tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Namun, tanpa disadari, seiring bertambahnya usia, elastisitas payudara pun mengalami...