Sabtu, Juli 31, 2021
Beranda Nasional Guru SMPN 7 Padang yang “Video Call” dengan Jokowi, Bukan Guru Sembarangan,...

Guru SMPN 7 Padang yang “Video Call” dengan Jokowi, Bukan Guru Sembarangan, Begini Kisahnya

Padang, (sentrakabar)  – Buk Rika yang bernama lengkap Rika Susi Waty, 50 tahun mendadak jadi buah bibir, menyusul video percakapannya dengan Presiden Jokowi viral di media sosial. Bagaimana ceritanya guru Matematika SMPN 7 Padang ini bisa berbincang dengan orang nomor satu di Indonesia melalui video call?

Sabtu (12/9/2020), langit di rumah Buk Rika, yang berada di Kompleks Asrama Polisi Lolong, Kelurahan Flamboyan Baru, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, tampak cerah

Seorang teman wartawan mengaku telah membuat janji dengan Buk Rika, melalui suaminya yang tak lain adalah Kasat Narkoba Polres Pariaman, AKP Heritsyah.

Sebelumnya, hampir semua media online di Padang telah memuat berita tentang percakapan Buk Rika dengan Presiden Jokowi tersebut. Namun, sumber beritanya baru sebatas pada rekaman video di akun Sekretariat Negara di Youtube yang dipublikasikan pada Jumat (11/9/2020).

Di video itu, Buk Rika bercerita tentang masalah yang dihadapi dalam sistem pembelajaran online. Mulai dari sulitnya memantau siswa, hingga ada orang tua siswa yang tidak mampu membeli ponsel pintar dan kuota internet. Di akhir percakapan Presiden Jokowi meminta Buk Rika dan semua guru tetap bersemangat mengajar, karena pandemi Covid-19 pembelajaran tatap muka belum memungkinkan diterapkan.

Anak Sempat Menyangka Ibunya Kena Prank

Lebih kurang 15 menit naik sepeda motor, beberapa teman wartawan tiba di rumah Buk Rika di Kompleks Asrama Polisi Lolong, yang ternyata terletak di belakang Markas Polsek Padang Barat. Setelah memarkir kendaraan, kami disambut wajah ceria seorang lelaki paruh baya yang tak lain adalah suami Buk Rika, yakni AKP Heritsyah.

Dia mempersilakan masuk. Sebelum dengan Buk Rika, kami sempat berbincang-bincang dengan Heritsyah. Waktu itu, Buk Rika juga sedang melayani tamu yang datang duluan dari kami.

Heritsyah mengaku ikut sibuk semenjak video percakapan istrinya dengan Presiden Jokowi viral di media sosial. Banyak wartawan yang minta wawancara, dan dia pun harus bertugas menemani istri tercintanya. Ada yang wawancara langsung banyak juga wartawan yang menelepon.

Dalam perbincangan dengan kami, Heritsyah tidak bisa menutupi kebanggaannya karena istrinya bisa berbicara langsung dengan Presiden Jokowi lewat video call. Dia bercerita, awalnya tidak percaya ketika istrinya bilang kepadanya telah video call dengan Presiden Jokowi.

Bukan dia saja, anaknya pun juga begitu, mengira ibunya hanya bercanda. Bahkan anaknya, kata Heritsyah, sempat mengira ibunya kena prank. Pasalnya, saat bersamaan juga sedang tren konten prank dapat hadiah sepeda dan berbincang dengan Presiden Jokowi lewat Instagram.

Namun, ketika Buk Rika memperlihatkan bukti rekaman video dihubungi Jokowi, barulah dia dan anaknya percaya. Dia menuturkan istrinya itu melakukan video call dengan Presiden Jokowi pada Rabu (2/9/2020).

“Saya awalnya mengira istri saya bercanda. Rupanya benar,” ujarnya sambil tersenyum.

Heritsyah menyebut, selain guru Matematika di SMPN 7 Padang, istrinya juga menjadi pembina tim olimpiade di sejumlah sekolah, dan memberikan bimbingan belajar. Saat kami berbincang, memang tampak tiga remaja sedang belajar di ruang teras. Dua remaja lainnya juga sedang menunggu jadwal untuk belajar dengan Buk Rika.

Tak berselang lama, Buk Rika sepertinya telah selesai dengan tamunya. Namun, dia minta izin ingin mengajar siswanya yang telah terlebih dahulu datang daripada kami. Jadilah kami ikut menyaksikan Buk Rika mengajar siswanya. Selesai mengajar para siswa itu, Buk Rika pun menemui kami yang telah banyak berbincang dengan suaminya.

Lulusan UNP, Guru Teladan dan Pembina Tim Olimpiade

Didampingi suaminya, Buk Rika pun melayani pertanyaan kami. Dia mengawali dengan menceritakan soal dirinya. Buk Rika berasal dari Kota Bukittinggi. Saat ini, ia mengaku umurnya 50 tahun.

Sebelum jadi guru, dia kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP) yang dulunya bernama Institut Keguguran dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang.

Dia mulai mengajar sejak 1998, atau persis saat Indonesia menghadapi krisis moneter awal reformasi. Selain guru Matematika, sekarang ia menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Negeri 7 Padang. Karena bersuami polisi, dia pun berstatus Bhayangkari.

Rabu (2/9/2020) menjadi hari yang tak akan pernah terlupakan dalam hidupnya. Pada hari itu ia berkesempatan berbincang langsung dengan Presiden Jokowi.

“Ada telepon masuk sekitar pukul satu siang, tanpa nama karena nomornya tak ada di kontak telepon. Saya sedang berada di ruangan saya di sekolah. Saya kira ini siapa. Saya memang biasa ditelepon orang tua siswa yang nomornya tidak saya kenal, jadi tetap saya angkat,” ujar Buk Rika.

Seperti biasa dia pun menyahut, “Ya, ini dengan siapa, Pak? Ada perlu apa?” (tanya Rika waktu itu),” ceritanya.

Orang di balik telepon tersebut yang belakangan diketahui bernama B Mahmudin kemudian memastikan apa benar yang dihubungi adalah Buk Rika. Buk Rika pun membenarkan. Orang tersebut lalu mengatakan mendapatkan nomor kontak Buk Rika dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sampai di sini pun dia tidak mengira bakal bicara langsung dengan Presiden Jokowi. Sebab, selama ini ia juga sudah biasa dihubungi orang Kementerian, terkait tugasnya sebagai pembina tim olimpiade Matematika. Selain itu, Buk Rika juga pernah dinobatkan sebagai guru teladan di Kota Padang. Orang yang menelepon, kemudian minta izin ingin video call. Buk Rika pun mengiyakan.

Sekitar pukul 14.00 WIB, video call dilakukan. Orang dari Kementerian itu minta izin kepada Buk Rika bahwa ada orang lain yang ingin berbicara dengannya.

“Pemikiran saya, palinglah orang Kementerian mungkin Direkturnya atau apa. Saya pun bertanya dengan siapa saya akan video call. Saya sempat juga jadi deg-degan,” tutur Buk Rika sambil tersenyum.

Orang dari Kementerian itu mengatakan “tidak apa-apa” kepada Buk Rika dan memintanya untuk tetap santai saja.

Ponsel orang Kementerian itu pun lalu diberikan kepada seseorang yang mengenakan masker dan baju kemeja putih. Ketika pria itu melepaskan maskernya alangkah terkejutnya Buk Rika. Sebab orang itu tak lain adalah Presiden Jokowi. “Aduh, Pak. Kaget,” ujar Buk Rika waktu itu di awal video call dengan Jokowi.

Diskusi pun mulai dilakukan seperti yang bisa ditonton di akun Sekretariat Negara di Youtube.

“Beliau menanyakan seperti apa pembelajaran daring di Kota Padang. Beliau bertanya apa kendalanya. Saya sampaikan, waktu itu, ada dua anak saya yang tidak punya android, dan kita cek langsung ke rumah, dan ternyata anak kita memang kurang mampu. Akhirnya, kita fasilitasi dengan datang ke sekolah. Tapi, Alhamdulillah, kita dapat bantuan beasiswa dari BRI untuk 20 siswa sebesar dua juta rupiah tiap anak. Dan itu kita bagikan. Yang penting anak kita punya android semuanya,” ceritanya lagi.

Buk Rika mengaku tidak pernah menyangka video percakapannya dengan Presiden Jokowi viral di media sosial. Namun, dia mengaku senang. Teman-temannya sesama guru dan wali siswa juga banyak mengapresiasi.

“Alhamdulillah, respons mereka positif. Guru-guru mengungkapkan terima kasih karena sudah mewakili perasaan mereka bagaimana sebetulnya keinginan mengajar langsung dengan anak,” ujar Buk Rika.

Sk/pc

Most Popular

Penyerahan Surat mandat Untuk PC B2P3 Bengkalis

PEKANBARU(SK)- -Wakil ketua B2P3 pw riau Didampingi wasek roy Aritonang, Bendahara Martin,ketua bidang advokasi Budiono, menyerahkan mandat B2P3 untuk daerah Kabupaten bengkalis Penyerahan mandat...

Setelah Sekian Pekan Kasus Ini Menjadi Buah Bibir Masyarakat

Pekanbaru(SK) - -Ketua Pemuda Milenial Pekanbaru berikan ucapan terimakasih kepada Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ST.MT. Dan Kadis PUPR Indra Pomi yang sudah mendengar keluhan masyarakat, Ketua...

Terkait Limbah Minyak PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI), Ketua MPW Pemuda Pancasila Angkat Bicara

Pekanbaru(SK)--Terungkapnya fakta limbah minyak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) masih berserakan di lahan warga, membuat Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Riau,...

Proyek Tugu Roda Terbang Sebaiknya Ditunda

Pekanbaru(SK)---Penjelasan Walikota Pekanbaru yang menegaskan pembangunan Tugu Roda Terbang di kawasan Tenayan Raya sangat bermanfaat bagi masyarakat Pekanbaru ditanggapi sinis Ketua Milenial Pekanbaru Teva...

Nasional

Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia Mengadakan Ujian Ke- 32

0
PEKANBARU----Porsea, Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia (PKNSI) mengadakan ujian kenaikan sabuk yang ke- 32 di Desa Jonggi Manulus Kecamatan Permaksian Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tokoh Agam Dukung T Rusli Ahmad Jadi Ketua FKUB, Ketua DPH LAMR : Sudah...

0
PEKANBARU(SK) - Dukungan terhadap Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) T. Rusli Ahmad menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi...

Survei CISA: Publik Puas terhadap Jokowi, Elektabilitas PDI-P Tetap Unggul,  AHY dan Demokrat Semakin...

0
JAKARTA(SK)---Lembaga Analis dan Konsultan Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) kembali meluncurkan hasil Surveinya yang bertajuk Potret Kondisi Sosial dan Konfigurasi Politik...

Jipikor Aksi Papan Bungga di KPK, Yusteng Minta KPK Periksa Dinas PUPR Riau

0
Pekanbaru(SK)---Jaringan investigasi pemberantasan korupsi (jipikor) melakukan aksi papan bungga di kantor Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) Jakarta, Kamis (3/6/2021). Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Jipikor Tri...

Riau

Penyerahan Surat mandat Untuk PC B2P3 Bengkalis

0
PEKANBARU(SK)- -Wakil ketua B2P3 pw riau Didampingi wasek roy Aritonang, Bendahara Martin,ketua bidang advokasi Budiono, menyerahkan mandat B2P3 untuk daerah Kabupaten bengkalis Penyerahan mandat...

Setelah Sekian Pekan Kasus Ini Menjadi Buah Bibir Masyarakat

0
Pekanbaru(SK) - -Ketua Pemuda Milenial Pekanbaru berikan ucapan terimakasih kepada Walikota Pekanbaru DR.H.Firdaus ST.MT. Dan Kadis PUPR Indra Pomi yang sudah mendengar keluhan masyarakat, Ketua...

Terkait Limbah Minyak PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI), Ketua MPW Pemuda Pancasila Angkat Bicara

0
Pekanbaru(SK)--Terungkapnya fakta limbah minyak PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) masih berserakan di lahan warga, membuat Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Riau,...

Proyek Tugu Roda Terbang Sebaiknya Ditunda

0
Pekanbaru(SK)---Penjelasan Walikota Pekanbaru yang menegaskan pembangunan Tugu Roda Terbang di kawasan Tenayan Raya sangat bermanfaat bagi masyarakat Pekanbaru ditanggapi sinis Ketua Milenial Pekanbaru Teva...

Pembukaan Karya Bakti Kodim 0301/PBR 2021 di Kecamatan Tenayaraya, ini Kata Walikota Pekanbaru

0
Pekanbaru(SK)- Acara pembukaan karya bakti kodim 0301/PBR tahun 2021 koperasi bakti TNI dilaksanakan dalam berbagai ujud yang salah satunya program karya bakti tahun 2021...

Hukum

Mediasi Di Pengadilan Alternatif Menyelesaikan Sengketa

0
Pekanbaru(SK)- -Mediasi adalah salah satu alternatif penyelesaian sengketa, mediasi di dalam pengadilan dan di luar pengadilan. Mediasi yang berada di dalam pengadilan diatur oleh Peraturan...

Kebun Sawit yang Merusak Hutan Dipanen Oknum, YRHW Pertanyakan Lahan Aseng ke DLHK Riau

0
Pekanbaru(SK)---Keberadaan lahan milik SM alias Aseng yang masuk dalam kawasan hutan dan telah dieksekusi oleh Kejari Rohil tahun 2018 kini mendapat sorotan tajam oleh...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tipu Jual-Beli Tanah 1,1 M, Mantan Caleg PAN Diadili

0
PEKANBARU(SK)--Mantan Calon legislatif dari Partai Amanat Nasional berinisial SDV, diajukan ke Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Kamis (17/6/21), karena nekat menipu uang jual beli tanah...

Polres Inhil Jadikan Surat Vaksinasi Syarat Pembuatan SKCK

0
INHIL- Kepolisian Resor Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau, mewajibkan masyarakat untuk menyertakan bukti telah melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai syarat untuk mendapatkan Surat Keterangan Catatan...

Kesehatan

Forum Pekanbaru Kota Bertuah Lakukan Aksi Nyata Di Tengah Pandemi Covid-19

0
Pekanbaru(SK)- -Hari ini, Ahad (18/7/2021) FKB berbagi masker dengan jumlah 18.000 masker dan penyemprotan 150 liter disinfektan di sejumlah pasar dan rumah ibadah. "Ini aksi...

Percepatan Vaksinasi Kodim 0314 Inhil Gelar Penyuntikan Bagi Lansia

0
INHIL- Guna membantu program pemerintah dalam percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid 19, Kodim 0314/lnhil lakukan Serbuan Vaksinasi Covid 19 terhadap masyarakat pra lansia di wilayah...

Vaksinasi Tahap II, Diwajibkan Terapkan Prokes

0
PEKANBARU(SK)--Setelah kegiatan Vaksinasi pejabat Publik digelar di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), kegiatan kedua digelar hari ini, Senin (15/3/2021). Untuk di Pekanbaru, kegiatan diselenggarakan di...

Covid-19 Masih Mengganas di Kuansing, Camat Sentajo Raya Jadi Korban

0
TELUKKUANTAN(SK)-Virus Covid 19 tampaknya masih mengganas di wilayah Kuantan-Sengingi (Kuansing). Kali ini Camat Sentajo Raya Akhyan Armofhis yang menjadi korbannya. Akhyan diketahui meninggal dunia,...

Gubernur Sampaikan Siap Laksanakan Target Vaksinasi

0
PEKANBARU(SK)--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, melakukan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara...