Minggu, Desember 5, 2021
Beranda Internasional Lebanon: Demonstrasi meletus di Beirut, warga 'menangis, menjerit histeris, dan marah

Lebanon: Demonstrasi meletus di Beirut, warga ‘menangis, menjerit histeris, dan marah

Beirut, (Sentrakabar) –Bentrokan pengunjuk rasa anti-pemerintah dengan pasukan keamanan Lebanon meletus di Beirut, Kamis (06/08), menyusul kemarahan warga Beirut atas ‘kelalaian pemerintah’ yang menyebabkan ledakan.

Para pengunjuk rasa marah dengan ledakan dahsyat hari Selasa, yang menurut para pejabat disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak aman sejak 2013.

Ledakan itu menghancurkan seluruh distrik di ibu kota, dengan rumah dan bisnis hancur menjadi puing-puing. Puluhan orang masih belum ditemukan.

Sejak bencana tersebut, dua pejabat mengundurkan diri. Anggota parlemen Marwan Hamadeh mengundurkan diri pada Rabu, sementara duta besar Lebanon untuk Yordania Tracy Chamoun mengundurkan diri pada Kamis, mengatakan bencana itu menunjukkan perlunya pergantian kepemimpinan.

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan “perubahan besar” dari kepemimpinan Lebanon menyusul ledakan dahsyat tersebut.

Dalam kunjungannya ke kota yang hancur itu, dia menyerukan penyelidikan internasional.

Banyak warga Lebanon mengatakan korupsi, pengabaian, dan salah urus pemerintah menyebabkan ledakan itu.

Ledakan dahsyat Selasa lalu menewaskan sedikitnya 137 orang dan melukai sekitar 5.000 lainnya, sementara puluhan lainnya masih hilang. Keadaan darurat dua minggu telah diberlakukan.

Presiden Lebanon Michel Aoun mengatakan itu disebabkan oleh 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak aman di gudang.

Kantor berita negara mengatakan 16 orang telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan.

Hakim Fadi Akiki, perwakilan pemerintah di pengadilan militer, mengatakan lebih dari 18 petugas pelabuhan dan bea cukai serta pekerja pemeliharaan di gudang telah diperiksa.

Sejumlah orang masih hilang tetapi laporan media mengatakan satu orang berhasil diselamatkan di laut sekitar 30 jam setelah ledakan terjadi.

Ayah dua anak, Amin Zahid berada di dekat pelabuhan dan diyakini telah terlempar ke laut karena kekuatan ledakan. Dia dilaporkan ditemukan oleh angkatan laut pada Kamis (06/08) pagi.

Apa yang dikatakan Macron?

Pada Kamis (06/08), Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menjadi kepada negara asing pertama yang berkunjung ke Lebanon, yang merupakan bekas koloni Prancis, sejak ledakan dahsyat hari Selasa.

Macron menggambarkan ledakan itu sebagai “metafora untuk krisis Lebanon saat ini” dan mengatakan “tatanan politik baru” diperlukan. Bantuan dana tersedia untuk negara tetapi para pemimpinnya harus menerapkan reformasi terlebih dahulu, katanya.

Dia juga menyerukan penyelidikan internasional terhadap ledakan itu “untuk mencegah hal-hal yang tersembunyi dan keraguan merayap masuk”.

Audit bank sentral Lebanon juga diperlukan – “Jika tidak ada audit bank sentral, dalam beberapa bulan tidak akan ada lagi impor dan kemudian akan ada kekurangan bahan bakar dan makanan,” kata Macron.

Presiden Macron mengatakan ia “tidak akan membiarkan bantuan diterima oleh tangan-tangan yang korup”.

Sebelumnya, Macron disambut warga saat menyusuri jalan-jalan di Beirut. Kepada kerumunan warga, Macron mengatakan ia “tidak akan membiarkan bantuan diterima oleh tangan-tangan yang korup”.

“Kami mendengar kemarahan di jalan-jalan pagi ini. Saat ini terjadi krisis politik, moral, ekonomi dan finansial, yang telah berlangsung selama berbulan-bulan. Bahan bertahun-tahun.

“Desakan ini memerlukan aksi politik yang tegas. Kami telah memulai pembicaraan, saya sudah membahasnya dengan Presiden Michel Aoun, dan saya akan berbicara secara jujur, terbuka kepada perdana menteri dan ketua parlemen,” kata Macron.

Ia juga menyerukan agar dicapai “pakta politik baru” di kalangan para pemimpin Lebanon.

Presiden Lebanon, Michel Aoun mengatakan peristiwa yang menewaskan sedikitnya 135 orang dan melukai lebih dari 5.000 lainnya itu akibat dari meledaknya 2.750 ton amonium nitrat yang disimpan secara tidak aman di sebuah gudang selama enam tahun.

Banyak dari masyarakat Lebanon menuduh kejadian itu akibat dari pihak berwenang melakukan korupsi, penelantaran dan salah urus. Pemerintah pun telah memberlakukan keadaan darurat selama dua minggu ke depan.

“Beirut menangis, Beirut menjerit, orang-orang histeris dan orang-orang lelah,” kata pembuat film Jude Chehab kepada BBC, dan memintah pihak yang bertanggung jawab untuk diadili.

Seorang warga Beirut yang saat ini dirawat di rumah sakit, mengatakan, “Saya tahu bahwa selama ini kita dipimpin oleh orang-orang yang tidak kompeten, pemerintah yang tidak kompeten. Tetapi biar saya kasih tahu Anda – apa yang telah mereka lakukan sekarang benar-benar tindakan kriminal.”

Sementara, pemerintah Lebanon menetapkan keadaan darurat di Beirut selama dua minggu di tengah meningkatnya korban dalam bencana yang disebut Presiden Michel Aoun sebagai “malapetaka yang sulit digambarkan dengan kata-kata”.

Pertemuan darurat kabinet memutuskan langkah itu Rabu (05/08) dan tahanan rumah akan diawasi oleh tentara Lebanon.

Dewan Pertahanan Tertinggi Lebanon dengan keras menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas ledakan itu akan menghadapi “hukuman maksimum”.

Kepala bea cukai Badri Daher mengatakan kepada LBCI TV bahwa pihaknya telah meminta agar amonium nitrat dipindahkan dari pelabuhan, namun hal itu “tidak pernah terlaksana dan kami tinggalkan masalah ini kepada para pakar untuk menyelidiki penyebabnya”.

Para ahli di Universitas Sheffield di Inggris memperkirakan bahwa ledakan tersebut memiliki sekitar sepersepuluh dari kekuatan ledakan bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima Jepang selama Perang Dunia Kedua dan “tidak diragukan lagi merupakan salah satu ledakan non-nuklir terbesar dalam sejarah”.

Menteri kesehatan Lebanon mengatakan jumlah korban meninggal meningkat menjadi 135 dengan korban luka sekitar 5.000 orang.

Ia menambahkan seperti dikutip Al Manar TV, sejumlah orang masih hilang.

Menteri Perekonomian Raoul Nehme menggambarkan situasinya seperti “kiamat”.

“Sebelum kejadian ini, kami dalam situasi yang sangat buruk. Anda tahu, kami meminta bantuan Dana Moneter Internasional, dan jika sekarang Anda melihat foto-foto yang beredar, pelabuhan telah hancur.

“Dan tak satu pun rumah, saya katakan lagi, tak satu pun rumah, tak satu pun toko, tak satu pun apartemen, yang tidak rusak. Ini seperti kiamat dan di sekitar pelabuhan, tak ada yang tersisa,” kata Nehme.

Ia mengatakan di lokasi ledakan, semuanya hancur dan terlempar ke laut.

“Kami punya sebidang tanah dan sekarang tanah itu lenyap. Kerugiannya mungkin miliaran dolar, tapi kami belum menghitungnya secara pasti.”

Kabinet telah meminta pasukan keamanan untuk menjamin tidak ada yang masuk ke lokasi ledakan.

Para petugas juga merencanakan untuk membangun kamar-kamar jenazah di Beirut karena rumah sakit yang kewalahan menyusul ledakan itu.

Ledakan hebat di Beirut

Upaya-upaya penyelamatan dan bantuan
Pasukan keamanan telah menyegel daerah di sekitar lokasi ledakan, dan tim penyelamat terus melakukan pencarian korban meninggal dan yang masih selamat di bawah puing-puing, sementara itu kapal melakukan pencarian di air lepas pantai. Puluhan orang dikabarkan masih hilang.

Menteri Kesehatan Masyarakat Hamad Hassan mengatakan fasilitas kesehatan Lebanon kekurangan tempat tidur dan tidak memiliki peralatan yang cukup untuk merawat korban terluka dan kritis.

Sebanyak 300.000 orang kehilangan tempat tinggal akibat ledakan itu, kata Gubernur Beirut Marwan Aboud.

Marwan Aboud mengatakan kepada BBC: “Beirut membutuhkan makanan,” sk/bbc

Most Popular

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Nasional

Telkomsel-Zoom Kolaborasi Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau

0
Jakarta(SK)- Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) hari ini mengumumkan kolaborasi guna menghadirkan pengalaman premium berinteraksi secara virtual bagi para pelanggan Telkomsel. Dalam kolaborasi...

Dana BSU Peserta BPJAMSOSTEK Cair

0
PEKANBARU(SK) - Pemerintah sudah mulai melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pada pekan lalu sudah diserahkan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada...

Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia Mengadakan Ujian Ke- 32

0
PEKANBARU----Porsea, Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia (PKNSI) mengadakan ujian kenaikan sabuk yang ke- 32 di Desa Jonggi Manulus Kecamatan Permaksian Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tokoh Agam Dukung T Rusli Ahmad Jadi Ketua FKUB, Ketua DPH LAMR : Sudah...

0
PEKANBARU(SK) - Dukungan terhadap Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) T. Rusli Ahmad menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi...

Riau

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Penggantian Antar Waktu Hantarkan Mulyadi Sebagai Kades Kasang Padang

0
ROKANHULU(SK)--Melalui Pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) tahun 2021, mengantarkan Mulyadi, SE, Sy sebagai Kepala Desa Kasang Padang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan...

Wabup Indra Gunawan Tinjau Pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2021

0
ROKANHULU(SK)--Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan tinjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) gelombang ketiga tahun 2021, Kamis (2/12/21). Adapun peninjauan yang dilakukan Wabup...

Perusahaan Wajib Mempekerjakan Difabel

0
PEKANBARU(SK) - Guna memberikan apresiasi kepada disabilitas, BP Jamsostek Pekanbaru Kota menggelar gathering. Acara yang digelar di Hotel Angkasa, Kamis (2/12) dihadiri disabilitas yang...

Hukum

AMRR Desak Gubernur Riau Tindak PKS YBS dan Lahan Ilegal Milik Acin di Kampar

0
Pekanbaru(SK) - Aliansi Mahasiswa Rimbawan Riau (AMRR) menggelar aksi demo untuk menyatakan sikap terkait keberadaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Yuni Bersaudara Sejahtera (YBS)...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di...

0
PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Sosialisasi Penguatan Hukum Adat, AMA Melayu Riau dan LAM Riau Berkunjung ke Selatpanjang

0
Meranti(SK) --Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Melayu Riau melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi penguatan adat bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti bertempat di Rumah...

Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

0
PEKANBARU(SK) - Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menengarai adanya aktivitas Illegal Logging di dua daerah di Provinsi Riau,...

Kapolres Rohul Bersama PT SAI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karlahut

0
ROKANHULU(SK)--Memasuki musim kemarau, sebagai upaya tindakan antisipatif dan preventif terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jajaran Polres Rokan Hulu menggelar Apel kesiapsiagaan Karhutla...

Kesehatan

Pemdes Sontang Sediakan 1000 Paket Sembako Bagi Warga Yang Ikut Vaksinasi Covid-19 massal

0
ROKANHULU(SK)--Pemerintah Desa Sontang, Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) siapkan 1000 paket sembako bagi warga yang ikut Vaksinasi Covid-19 massal yang dilaksanakan pada...

Vaksinasi BIN Riau Tuntas, 4.080 Dosis Disuntikan Kepada Pelajar dan Warga Daerah Pinggiran

0
ROKANHULU(SK)--Serbuan Vaksinasi yang dimotori Badan Intelljen Negara Daerah (BIN) Daerah Riau, Rabu (24/11/2021) tuntas dilaksanakan. Dari 4.080 dosis vaksin yang dialokasikan untuk Kabupaten Rokan...

BIN Riau Gesa Vaksinasi Bagi Pelajar di Rohul

0
ROKANHULU(SK)--Demi percepatan vaksinasi dikalangan pelajar, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau Terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Kali ini kegiatan vaksinasi bagi pelajar di pusatkan...

BIN Riau Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Dan Pelajar di Kuansing

0
Kuansing(SK) – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau melaksanakan Vaksinasi untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dan mendukung percepatan Herd Immunity bagi...

Bupati Rohul door to Door Ajak Warga Divaksinasi

0
ROKANHULU(SK)--Bupati Rokan Hulu (Rohul) door to Door Ajak Warga divaksinasi. Hal itu bisa dilihat dari Vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah...