Selasa, Maret 9, 2021
Beranda Kesehatan Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

Sentrakabar – Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori.

Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk berenang, berlari, berjalan, menari, dan lainnya.

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.
1. Membuat Anda merasa lebih bahagia

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan.

Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

Selain itu, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Hal ini dapat membantu mereka lebih sadar akan kondisi mental mereka dan mempraktikkan gangguan dari ketakutan. Menariknya, tidak masalah seberapa kuat olahraga Anda.

Suasana hati dapat memperoleh manfaat dari olahraga, tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan gaya hidup yang tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas.

Untuk memahami pengaruh olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi.

Tubuh Anda menghabiskan energi dalam tiga cara, yakni mencerna makanan, berolahraga, dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme Anda, yang akan menunda penurunan berat badan.

Sebaliknya, olahraga yang teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme Anda, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan.

3. Baik untuk otot dan tulang

Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang.

Aktivitas fisik seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot, ketika dipasangkan dengan asupan protein yang memadai. Hal ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino.

Seiring bertambahnya usia, manusia cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang dapat menyebabkan cedera dan cacat. Berlatih aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia.

Olahraga dapat membantu membangun kepadatan tulang ketika Anda muda, selain membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4. Dapat meningkatkan tingkat energi

Olahraga dapat menjadi penambah energi bagi orang sehat, serta mereka yang menderita berbagai kondisi medis.

Sebuah studi menemukan enam minggu berolahraga secara teratur mengurangi rasa lelah bagi 36 orang sehat yang telah melaporkan sering merasakan kelelahan.

Selain itu, olahraga dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome) dan penyakit serius lainnya.

Tak hanya itu, olahraga tampaknya lebih efektif dalam memerangi CFS daripada perawatan lain, termasuk terapi pasif seperti relaksasi dan peregangan atau tidak ada perawatan sama sekali.

Selain itu, olahraga telah terbukti meningkatkan tingkat energi pada orang yang menderita penyakit progresif, seperti kanker, HIV/AIDS dan sklerosis ganda.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

 

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh, namun menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah.

Sebaliknya, kurang olahraga teratur, bahkan dalam jangka pendek, dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan. Adapun hal itu dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kematian dini.

Oleh karena itu, aktivitas fisik harian dianjurkan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi resiko terserang penyakit ini.

6. Menjaga kesehatan kulit

 

Kulit Anda dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh Anda.

Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel.

Hal ini dapat merusak struktur internal mereka dan merusak kulit Anda.

Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh Anda, yang membantu melindungi sel kulit.

Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penampilan penuaan kulit.

7. Menjaga kesehatan dan memori otak

Olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir.

Olahraga juga dapat meningkatkan denyut jantung, yang memicu aliran darah dan oksigen ke otak Anda.

Ini juga dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, pencegahan penyakit kronis yang di dapatkan lewat olahraga juga bermanfaat bagi otak Anda, karena fungsinya dapat dipengaruhi oleh penyakit kronis tersebut.

Olahraga telah terbukti menyebabkan hippocampus, bagian dari otak yang vital untuk daya ingat dan pembelajaran, tumbuh. Ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi mental pada orang dewasa.

Kemudian, olahraga telah terbukti mengurangi perubahan pada otak yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer dan skizofrenia.

8. Dapat membantu relaksasi dan kualitas tidur

Olahraga yang teratur dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih baik atau nyenyak. Dalam hal kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan merangsang proses penyembuhan selama tidur.

Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantu menurunkannya selama tidur.

Banyak penelitian tentang efek olahraga pada tidur telah mencapai kesimpulan yang sama. Sebuah studi menemukan 150 menit aktivitas intensitas tingkat sedang hingga tinggi per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen.

Yang lain menunjukkan beraktivitas fisik selama 16 minggu meningkatkan kualitas tidur dan membantu 17 orang penderita insomnia untuk tidur lebih lama dan lebih dalam daripada kelompok kontrol.

Akibatnya, membantu mereka merasa lebih bersemangat di siang hari. Terlebih lagi, melakukan olahraga yang teratur juga bermanfaat bagi para lansia, yang cenderung terpengaruh oleh gangguan tidur. Anda bisa fleksibel dengan jenis latihan yang Anda pilih.

Latihan aerobik saja atau latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan resistensi sama-sama dapat membantu kualitas tidur.

9. Dapat mengurangi rasa sakit

Nyeri kronis dapat melemahkan, tetapi olahraga sebenarnya dapat membantu menguranginya.

Selama bertahun-tahun, rekomendasi untuk mengobati nyeri kronis adalah istirahat dan mengurangi aktivitas.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan olahraga membantu menghilangkan rasa sakit kronis.

Sebuah tinjauan dari beberapa studi menunjukkan olahraga membantu peserta mengatasi nyeri kronis, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk nyeri punggung bawah yang kronis, fibromyalgia, dan kelainan bahu jaringan lunak yang kronis.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan toleransi nyeri dan menurunkan persepsi nyeri.

10. Kehidupan seks lebih baik

Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seks.

Melakukan olahraga yang teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot, dan meningkatkan fleksibilitas.

Itu semua dapat meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kinerja seksual dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual.

Sekelompok wanita berusia 40-an mengamati bahwa mereka mengalami orgasme lebih sering ketika mereka menjalani latihan olahraga berat, seperti lari cepat, dan latihan beban.

Selain itu, di antara 178 pria sehat, pria yang melaporkan lebih banyak jam olahraga per minggu memiliki skor fungsi seksual yang lebih tinggi.

Sebuah studi menemukan rutinitas sederhana berjalan enam menit di sekitar rumah membantu 41 pria mengurangi gejala disfungsi ereksi mereka sebesar 71 persen.

SK/DN

 

Most Popular

PWI Riau Gelar UKW Gratis, Target 20 Kelas

PEKANBARU(SK)– Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau kembali mendapatkan kesempatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Rencananya, UKW ditargetkan sebanyak 20 kelas atau untuk 120...

Aparat Harus Telusuri Aktor Intelektual Pembeking PETI Kuansing

TELUKKUANTAN(SK)-Pihak Polres Kuansing dalam seminggu ini aktif dalam penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) diwilayah hukumnya. Penangkapan pelaku sampai pemusnahan alat tambang atau dompeng...

Redam Aksi Balap Liar, Ini Yang Dilakukan Satlantas Polres Kuansing

TELUKKUANTAN(SK)-Satlantas Polres Kuansing terus melakukan giat pencegahan aksi balap liar diseputaran Kota Teluk Kuantan-Kuansing. Mulai dari himbauan hingga penindakan sudah dilakukan hingga akhirnya aksi...

Ketarangan Saksi Investasi Singkong, Berbelit di PN Pekanbaru

PEKANBARU(SK)- Keterangan saksi sidang lanjutan perkara investasi singkong terdakwa Direktur Utama PT Sumatera Tani Mandiri (STM) Yusuf Hasyim dinilai berbelit-belit dalam persidangan di Pengadilan...

Nasional

KPK Periksa Plt Kadis PUPR Bengkalis di Polda Riau

0
PEKANBARU(SK)--Penanganan perkara tindak pidana korupsi proyek pembangunan Jalan Lingkar Barat duri (multiyears) di Bengkalis tahun anggaran 2013 sampai 2015, yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan...

Bertemu Kepala BNPB, Edwar Sanger Serahkan Surat Peminjaman Heli

0
PEKANBARU(SK)--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, bertolak ke Jakarta. Untuk mengantarkan Surat peminjaman heli yang dibuat Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (18/2/2021). Tiba di Jakarta,...

Jangan Mudah Percaya Terhadap Kritik

0
PEKAN lalu hingga hari ini perbincangan tentang kebebasan menyampaikan kritik mengemuka di ruang publik. Bahkan ada yang beranggapan seolah selama ini kritik tidak berjalan....

Mahasiswa Pekanbaru Ikut Bertarung Rebut Ketum PB HMI Jakarta

0
JAKARTA(SK)- Perhelatan kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-XXXI akan dilaksanakan pada 17 Maret 2021 mendatang di Surabaya. Hari ini merupakan hari terakhir dalam pengembalian...

TNI dan Polri bersama SantanNU Lakukan MoU, Sepakat Menjaga Keutuhan NKRI dengan Perkuat Ketahanan...

0
PEKANBARU(SK)- Guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Nahdlatul Ulama bersama Korem 031 Wirabima dan Polda Riau melakukan Memorandum of Understanding (MoU), tentang...

Riau

PWI Riau Gelar UKW Gratis, Target 20 Kelas

0
PEKANBARU(SK)– Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau kembali mendapatkan kesempatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Rencananya, UKW ditargetkan sebanyak 20 kelas atau untuk 120...

Aparat Harus Telusuri Aktor Intelektual Pembeking PETI Kuansing

0
TELUKKUANTAN(SK)-Pihak Polres Kuansing dalam seminggu ini aktif dalam penertiban Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) diwilayah hukumnya. Penangkapan pelaku sampai pemusnahan alat tambang atau dompeng...

Redam Aksi Balap Liar, Ini Yang Dilakukan Satlantas Polres Kuansing

0
TELUKKUANTAN(SK)-Satlantas Polres Kuansing terus melakukan giat pencegahan aksi balap liar diseputaran Kota Teluk Kuantan-Kuansing. Mulai dari himbauan hingga penindakan sudah dilakukan hingga akhirnya aksi...

Ketarangan Saksi Investasi Singkong, Berbelit di PN Pekanbaru

0
PEKANBARU(SK)- Keterangan saksi sidang lanjutan perkara investasi singkong terdakwa Direktur Utama PT Sumatera Tani Mandiri (STM) Yusuf Hasyim dinilai berbelit-belit dalam persidangan di Pengadilan...

Kanwil Kemenkum dan HAM Riau Sukseskan Verifikasi dan Akreditasi PBH,Rahman Adrian: Terimakasih Pak Yasona

0
PEKANBARU(SK)-Guna menyukseskan pelaksanaan Verifikasi dan Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum periode 2022-2024, Kanwil Kemenkumham Riau menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Penjaringan Verifikasi dan Akreditasi Calon Pemberi Bantuan...

Hukum

Redam Aksi Balap Liar, Ini Yang Dilakukan Satlantas Polres Kuansing

0
TELUKKUANTAN(SK)-Satlantas Polres Kuansing terus melakukan giat pencegahan aksi balap liar diseputaran Kota Teluk Kuantan-Kuansing. Mulai dari himbauan hingga penindakan sudah dilakukan hingga akhirnya aksi...

Ketarangan Saksi Investasi Singkong, Berbelit di PN Pekanbaru

0
PEKANBARU(SK)- Keterangan saksi sidang lanjutan perkara investasi singkong terdakwa Direktur Utama PT Sumatera Tani Mandiri (STM) Yusuf Hasyim dinilai berbelit-belit dalam persidangan di Pengadilan...

Kanwil Kemenkum dan HAM Riau Sukseskan Verifikasi dan Akreditasi PBH,Rahman Adrian: Terimakasih Pak Yasona

0
PEKANBARU(SK)-Guna menyukseskan pelaksanaan Verifikasi dan Akreditasi Pemberi Bantuan Hukum periode 2022-2024, Kanwil Kemenkumham Riau menyelenggarakan kegiatan Diseminasi Penjaringan Verifikasi dan Akreditasi Calon Pemberi Bantuan...

Tiang Timpa Warga Hingga Sekarat, Pemuda Sesalkan Kelalaian PLN

0
RUPAT(SK)-Terkait kejadian tumbang nya tiang PLN di kecamatan rupat yang menyebabkan 2 warga terkena hingga sekarat dan di larikan ke rumah sakit. Untuk itu...

Kapolres Instruksikan Kapolsek Se Kuansing Awasi Operasional Alat Berat

0
TELUKKUANTAN(SK)-Alat berat seperti Eksavator menjadi perhatian Kapolres Kuansing. Bukan tanpa sebab, karena tidak menutup kemungkinan penggunaannya disalahgunakan oleh si pengguna maupun si pemilik alat...

Kesehatan

Covid-19 Masih Mengganas di Kuansing, Camat Sentajo Raya Jadi Korban

0
TELUKKUANTAN(SK)-Virus Covid 19 tampaknya masih mengganas di wilayah Kuantan-Sengingi (Kuansing). Kali ini Camat Sentajo Raya Akhyan Armofhis yang menjadi korbannya. Akhyan diketahui meninggal dunia,...

Gubernur Sampaikan Siap Laksanakan Target Vaksinasi

0
PEKANBARU(SK)--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, melakukan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara...

Ditlantas dan Dishub Sosialisasi dan Bagikan Masker Gratis

0
PEKANBARU(SK)--Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau membagikan masker gratis di Plaza Sukaramai Jalan Sudirman,...

Pemprov Terima 169 Usulan Santunan Keluarga Pasien Covid-19 yang Meninggal

0
PEKANBARU(SK)--Pemerintah Provinsi Riau, mengusulkan 169 orang dari keluarga pasien yang meninggal dunia Covid-19, untuk dilaporkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Pengusulan data ini, karena...

Alasan Faktor Usia, Bupati dan Wabup Kuansing Tak Ikut Divaksin

0
TELUKKUANTAN (SK) -Karena alasan faktor usia, Bupati dan Wakil Bupati Kuantan Sengingi (Kuansing) tidak ikut divaksinasi oleh Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Kesehatan pada...