Senin, November 23, 2020
Beranda Kesehatan Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

Senin, November 23, 2020

Sentrakabar – Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori.

Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk berenang, berlari, berjalan, menari, dan lainnya.

Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental.
1. Membuat Anda merasa lebih bahagia

Olahraga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan mengurangi perasaan depresi, kecemasan, serta stres. Ini menghasilkan perubahan di bagian otak yang mengatur stres dan kecemasan.

Ini juga dapat meningkatkan sensitivitas otak untuk hormon serotonin dan norepinefrin, yang menghilangkan perasaan depresi. Selain itu, olahraga dapat meningkatkan produksi endorfin, yang diketahui membantu menghasilkan perasaan positif dan mengurangi persepsi nyeri.

Selain itu, olahraga telah terbukti mengurangi gejala pada orang yang menderita kecemasan. Hal ini dapat membantu mereka lebih sadar akan kondisi mental mereka dan mempraktikkan gangguan dari ketakutan. Menariknya, tidak masalah seberapa kuat olahraga Anda.

Suasana hati dapat memperoleh manfaat dari olahraga, tidak peduli intensitas aktivitas fisiknya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menunjukkan gaya hidup yang tidak aktif adalah faktor utama dalam penambahan berat badan dan obesitas.

Untuk memahami pengaruh olahraga terhadap penurunan berat badan, penting untuk memahami hubungan antara olahraga dan pengeluaran energi.

Tubuh Anda menghabiskan energi dalam tiga cara, yakni mencerna makanan, berolahraga, dan mempertahankan fungsi tubuh seperti detak jantung dan pernapasan.

Saat berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme Anda, yang akan menunda penurunan berat badan.

Sebaliknya, olahraga yang teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme Anda, yang akan membakar lebih banyak kalori dan membantu menurunkan berat badan.

3. Baik untuk otot dan tulang

Olahraga memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan kekuatan otot dan tulang.

Aktivitas fisik seperti angkat beban dapat merangsang pembentukan otot, ketika dipasangkan dengan asupan protein yang memadai. Hal ini karena olahraga membantu melepaskan hormon yang meningkatkan kemampuan otot Anda untuk menyerap asam amino.

Seiring bertambahnya usia, manusia cenderung kehilangan massa dan fungsi otot, yang dapat menyebabkan cedera dan cacat. Berlatih aktivitas fisik secara teratur sangat penting untuk mengurangi kehilangan otot dan mempertahankan kekuatan seiring bertambahnya usia.

Olahraga dapat membantu membangun kepadatan tulang ketika Anda muda, selain membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

4. Dapat meningkatkan tingkat energi

Olahraga dapat menjadi penambah energi bagi orang sehat, serta mereka yang menderita berbagai kondisi medis.

Sebuah studi menemukan enam minggu berolahraga secara teratur mengurangi rasa lelah bagi 36 orang sehat yang telah melaporkan sering merasakan kelelahan.

Selain itu, olahraga dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi bagi orang yang menderita sindrom kelelahan kronis (Chronic Fatigue Syndrome) dan penyakit serius lainnya.

Tak hanya itu, olahraga tampaknya lebih efektif dalam memerangi CFS daripada perawatan lain, termasuk terapi pasif seperti relaksasi dan peregangan atau tidak ada perawatan sama sekali.

Selain itu, olahraga telah terbukti meningkatkan tingkat energi pada orang yang menderita penyakit progresif, seperti kanker, HIV/AIDS dan sklerosis ganda.

5. Dapat mengurangi risiko penyakit kronis

 

Kurangnya aktivitas fisik secara teratur adalah penyebab utama penyakit kronis. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kebugaran kardiovaskular dan komposisi tubuh, namun menurunkan tekanan darah dan kadar lemak darah.

Sebaliknya, kurang olahraga teratur, bahkan dalam jangka pendek, dapat menyebabkan peningkatan lemak perut yang signifikan. Adapun hal itu dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kematian dini.

Oleh karena itu, aktivitas fisik harian dianjurkan untuk mengurangi lemak perut dan mengurangi resiko terserang penyakit ini.

6. Menjaga kesehatan kulit

 

Kulit Anda dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh Anda.

Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel.

Hal ini dapat merusak struktur internal mereka dan merusak kulit Anda.

Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh Anda, yang membantu melindungi sel kulit.

Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penampilan penuaan kulit.

7. Menjaga kesehatan dan memori otak

Olahraga teratur dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi daya ingat dan keterampilan berpikir.

Olahraga juga dapat meningkatkan denyut jantung, yang memicu aliran darah dan oksigen ke otak Anda.

Ini juga dapat merangsang produksi hormon yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak. Selain itu, pencegahan penyakit kronis yang di dapatkan lewat olahraga juga bermanfaat bagi otak Anda, karena fungsinya dapat dipengaruhi oleh penyakit kronis tersebut.

Olahraga telah terbukti menyebabkan hippocampus, bagian dari otak yang vital untuk daya ingat dan pembelajaran, tumbuh. Ini berfungsi untuk meningkatkan fungsi mental pada orang dewasa.

Kemudian, olahraga telah terbukti mengurangi perubahan pada otak yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer dan skizofrenia.

8. Dapat membantu relaksasi dan kualitas tidur

Olahraga yang teratur dapat membantu Anda rileks dan tidur lebih baik atau nyenyak. Dalam hal kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan merangsang proses penyembuhan selama tidur.

Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantu menurunkannya selama tidur.

Banyak penelitian tentang efek olahraga pada tidur telah mencapai kesimpulan yang sama. Sebuah studi menemukan 150 menit aktivitas intensitas tingkat sedang hingga tinggi per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen.

Yang lain menunjukkan beraktivitas fisik selama 16 minggu meningkatkan kualitas tidur dan membantu 17 orang penderita insomnia untuk tidur lebih lama dan lebih dalam daripada kelompok kontrol.

Akibatnya, membantu mereka merasa lebih bersemangat di siang hari. Terlebih lagi, melakukan olahraga yang teratur juga bermanfaat bagi para lansia, yang cenderung terpengaruh oleh gangguan tidur. Anda bisa fleksibel dengan jenis latihan yang Anda pilih.

Latihan aerobik saja atau latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan resistensi sama-sama dapat membantu kualitas tidur.

9. Dapat mengurangi rasa sakit

Nyeri kronis dapat melemahkan, tetapi olahraga sebenarnya dapat membantu menguranginya.

Selama bertahun-tahun, rekomendasi untuk mengobati nyeri kronis adalah istirahat dan mengurangi aktivitas.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan olahraga membantu menghilangkan rasa sakit kronis.

Sebuah tinjauan dari beberapa studi menunjukkan olahraga membantu peserta mengatasi nyeri kronis, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga juga dapat membantu mengendalikan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, termasuk nyeri punggung bawah yang kronis, fibromyalgia, dan kelainan bahu jaringan lunak yang kronis.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan toleransi nyeri dan menurunkan persepsi nyeri.

10. Kehidupan seks lebih baik

Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seks.

Melakukan olahraga yang teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot, dan meningkatkan fleksibilitas.

Itu semua dapat meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kinerja seksual dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual.

Sekelompok wanita berusia 40-an mengamati bahwa mereka mengalami orgasme lebih sering ketika mereka menjalani latihan olahraga berat, seperti lari cepat, dan latihan beban.

Selain itu, di antara 178 pria sehat, pria yang melaporkan lebih banyak jam olahraga per minggu memiliki skor fungsi seksual yang lebih tinggi.

Sebuah studi menemukan rutinitas sederhana berjalan enam menit di sekitar rumah membantu 41 pria mengurangi gejala disfungsi ereksi mereka sebesar 71 persen.

SK/DN

 

Most Popular

Ajisman Solat Jumat, Truk Dibawa Kabur Pencuri

PEKANBARU--Kepolisian Sektor (Polsek) Kampar Kiri, bersama warga berhasil mengamankan pelaku pencurian mobil yang ditinggal saat pemiliknya solat Jumat, (20/11/2020). Pencurian yang terjadi di areal SPBU...

Truk Apple Dirampok, Gadget Senilai Rp 94 Miliar Raib

Sentrakabar - Gadget Apple kembali menjadi korban kejahatan. Peristiwa kali ini menimpa truk pengangkut barang berisi perangkat-perangkat seperti iPhone 11, AirPods, dan Apple Watch....

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Denny Sumargo dan Olivia Alan Resmi Menikah

Sentrakabar - Aktor Denny Sumargo resmi mengucap janji sehidup semati dengan sang kekasih, Olivia Alan. Pernikahan bernuansa outdoor itu digelar di The Green Forest...

Nasional

Pemerintah Belum Beri Bantuan Pada Pengungsi Merapi Butuh

0
Sentrakabar -- Para pengungsi yang berdomisili di Kawasan Rawan Bencana III erupsi Gunung Merapi, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, membutuhkan sembako seperti beras, susu,...

Banjir Landa 5 Kecamatan di Padang Pariaman, 349 Warga Diungsikan

0
Sentrakabar-Lima kecamatan di Padang Pariaman, Sumatera Barat dilanda banjir, Sabtu (21/11/2020) Akibat banjir itu tercatat 97 rumah mengalami kerusakan, 349 warga terpaksa diungsikan. Selain itu...

Akhirnya Terungkap, Pemeran dan Pembuat Video Syur Mirip Gisel Ternyata adalah Sahabat Sendiri: Ada...

0
Jakarta--Video Syur Mirip Gisel memasuki babak baru. Penyidik Polda Metro Jaya telah mengantongi sumber atau pembuat Video Syur Mirip Gisel yang berdurasi 19 detik. Hal tersebut...

Gus Nur Dikabarkan Reaktif Covid-19 di Rutan Bareskrim

0
Sentrakabar -- Tersangka kasus ujaran kebencian terhadap Nahdlatul Ulama (NU), Sugi Nur Rahardja alias Gus Nur dikabarkan reaktif Covid-19 saat mendekam di Rumah Tahanan...

Habib Rizieq Bicara Rekonsiliasi, Pemerintah Tegaskan Posisi

0
Sentrakabar - Habib Rizieq Syihab merespons soal gaungan rekonsiliasi sepulangnya dia ke tanah air. Secara gamblang, Habib Rizieq mengatakan pihaknya akan rekonsiliasi kalau pemerintah...

Riau

Ajisman Solat Jumat, Truk Dibawa Kabur Pencuri

0
PEKANBARU--Kepolisian Sektor (Polsek) Kampar Kiri, bersama warga berhasil mengamankan pelaku pencurian mobil yang ditinggal saat pemiliknya solat Jumat, (20/11/2020). Pencurian yang terjadi di areal SPBU...

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

0
PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Gubernur : Aktifkan Belajar Tatap Muka, Harus ada Izin Kami

0
  PEKANBARU--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi mengingatkan, bagi Kepala sekolah (Kepsek) SMA dan SMK serta SLB negeri di Provinsi Riau yang ingin membuka sekolah...

DPP FORGUPAHSN Riau Apresiasi Gubernur Riau Naikan Gaji Guru Honor Daerah SMA/SMK

0
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan menaikkan gaji guru honor daerah SMA/SMK kabupaten dan kota di Riau. Menyikapi hal ini, pengurus...

Terbanyak kedua Setelah Jakarta, Dari 688 Kasus, Lebih Separuhnya Hasil Uji Swab Lapas

0
PEKANBARU--Sejak masa Pandemi Covid-19, di bulan Maret lalu. Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Riau, mencatat, Kamis (19/11/2020) merupakan angka tertinggi terkonfirmasi positif di Bumi...

Hukum

Ribuan Ekstasi Gagal Dikirim dari Bandara SSK II

0
PEKANBARU--Petugas Cargo X-Ray Bandara Sultan Syarif Kasim II menggagalkan upaya pengiriman ekstasi tujuan CGK, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Kepala BNNP Riau, Brigjen Kennedy menjelaskan, dari hasil...

Polisi Usut Moge Bodong Pengeroyok TNI di Bukittinggi

0
Sentrakabar -- Polda Sumatera Barat (Sumbar) saat ini tengah mendalami motor moge (moge) sejumlah anggota Harley-Davidson Owner Group Siliwangi Bandung Cahpter (HOG SBC) yang...

Kritik RUU Minuman Beralkohol, Persekutuan Gereja: Sangat Kekanak-kanakan

0
Sentrakabar -- Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia mengkritik DPR yang hendak membahas Rancangan Undang-undang Larangan Minuman Beralkohol. Ketua Umum PGI Gomar Gultom menilai pendekatan dalam...

Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Pembangunan Irigasi Sungai Tanduk

0
Sentrakabar - Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap buron kasus korupsi pembangunan irigasi Sungai Tanduk di Jambi, Ibnu Ziady MZ. Ibnu Ziady diamankan di sebuah apartemen...

Oknum Kades di Kecamatan Bathin Solapan Diduga Pungli

0
PEKANBARU--Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimum) Polda Riau saat ini sedang menangani dugaan Pungli yang dilakukan oknum kepala desa di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Hal...

Kesehatan

Kadiskes Riau: Tempat Isolasi Mandiri yang Disediakan Pemerintah Gratis

0
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau tidak membatasi pasien positif Corona (Covid-19) untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun perlu disadari, bahwa isolasi mandiri di rumah akan sangat...

Melaney Ricardo Ajak Netizen Room Tour di RS Covid-19,

0
Sentrakabar -- Presenter, Melaney Ricardo membuat vlog selama ia menjalani perawatan di rumah sakit karena positif Covid-19. Video yang dibagikannya di kanal Youtubenya pada Jumat...

209 Terjaring Petugas di Chek Poin

0
PEKANBARU--Sebanyak 209 orang terjaring melanggar protokol kesehatan, dengan tidak menggunakan masker, di cek poin. Hasil itu, didapat petugas dari sebanyak 3.700 orang yang diperiksa petugas...

Manfaat Melakukan Olahraga Teratur

0
Sentrakabar - Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot Anda bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk...

Ingin Payudara Tetap Kencang? Ini 5 Tips Merawatnya

0
sentrakabar.com - Memiliki tampilan payudara yang sehat dan kencang tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita. Namun, tanpa disadari, seiring bertambahnya usia, elastisitas payudara pun mengalami...