Sabtu, Juli 2, 2022
Beranda BERITA UTAMA Riau Status Siaga Karhutla

Riau Status Siaga Karhutla

PEKANBARU(SK)–Menimbang cukupnya total wilayah yang telah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. Kemudian, bersamaan masuknya musim kemarau, Bumi Lancang Kuning menetapkan status, Senin (15/2/2021).

Kedepannya, penetapan status Siaga Karhutla ini direncanakan akan ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021 mendatang.

Sebelum ditetapkan Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger memberikan pemaparan terkait kondisi terdahulu dan tahun 2021 ini.

Dia mengatakan, penetapan ini dilakukan berdasarkan hasil rapat persiapan penetapan status siaga Darurat yang di hadiri rekan-rekan TNI, POLRI, Badan, Dinas dan Instansi terkait pada Senin (10/2/2021) lalu di ruang rapat Williem Rampangilei BPBD Provinsi Riau.

Hasilnya, peserta rapat mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Riau dapat menetapkan status siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

”Jadi hasil rapat disepakati, penetapan ini akan dimulai sejak tanggal 15 Februari hingga 31 Oktober 2021 mendatang,” jelas Edwar Sanger.

Paska penetapan ini, pihaknya berharap dan memanggil semua pihak stakeholder, instansi hingga relawan peduli karhutla agat kembali mengaktifkan kembali posko-posko yang ada baik, di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/Kota.

Dia menegaskan, penetapan ini, juga atas arahan Menkopolhukam yang menyarankan status siaga Karhutla di Provinsi Riau.

Berkaca pada tahun kemarin (2020,red), jika dibangun tahun ini, ada 63,20 persen penurunan kebakaran hutan dan lahan.

Dia menyentil Gubernur, dengan harapan agar tetap dapat mempertahankan situasi ini.

Diakhir keterangannya, Edwar Sanger permisi undur diri. Karena, InsyaAllah terhitung 1 Maret 2021, masa baktinya selaku ASN di Provinsi Riau, akan berakhir.

Namun, setelah tak aktif lagi. Ini, sambung dia, bukan berakhirnya silaturahmi diantara Forkopimda Riau.

”Pak Gubernur, seluruh pihak terkait. Selama 5 tahun 9 bulan, kita dapat mewujudkan Riau bebas asap. Namun, tak ada gading yang tak retak. Maka, saya mohon maaf atas kesalahan saya. InsyaAllah saya siap tetap ikut berperan,” katanya, dengan nada lirih.

Selanjutnya, Kepala BMKG Pekanbaru Ramlan SSi MSi mengatakan, dari prediksi pihaknya. Musim kemarau ini akan mulai paling kering di bulan Juni hingga Juli.

Pantauan pihaknya, dikawasan pesisir timur Riau juga Minggu lalu, terjadi kekeringan.

Artinya, tahun ini musim keringnya lebih kering dari musim lalu. Kemudian, didukung juga geografis Riau yang memang panas.

”Karena saya baru bertugas tiga Minggu, kami dari BMKG Pekanbaru siap mendukung penuh Riau bebas asap tahun ini,” sebut Ramlan.

Menteri KLHK Diwakilkan L Basar Manullang yang juga hadir, turut memberikan dorongan dan masukan.

Dia mengatakan, pihaknya percaya Provinsi Riau mampu menangani Karhutla seperti tahun-tahun sebelumnya.

”Mari kita berdoa, semoga tidak ada lagi Karhutlah. Dan Tuhan lah yang mampu meniadakan Karhutla ini. Tentunya dengan diiringi kerjasama semua pihak,” katanya.

Sementara itu, perwakilan BNPB Pusat, Budhi Erwanto mengatakan, pihaknya juga siap mendukung langit Riau tetap biru.

Kemudian, untuk ketersediaan peralatan seperti Helikopter, nantinya akan segera diperbantukan untuk menanggulangi jika terjadi Karhutla di Riau.

Kepada Gubernur, Budhi mengungkapkan, saat ini untuk ketersediaan helikopter, tinggal menunggu araha. Untuk dapat diperbantukan di Provinsi Riau.

”Secara peralatan dan tenaga kami dari BNPB siap pak Gubernur,” singkat nya.

Giliran Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi. Ia mengatakan, penetapan siaga Karhutla ini, setelah menimbang beberapa daerah atau Kabupaten dan Kota telah menetapkan status siaga.

Gubernur menyebutkan, beberapa daerah itu diantaranya Kabupaten Meranti, Dumai, Bengkalis.

”Untuk Kabupaten Rohil, akan menetapkan status,” ungkap Gubernur.

Lantas, atas pertimbangan, karena sudah mencukupi untuk penetapan status, sesuai peraturan Gubernur Riau Nomor 9 tahun 2020. Maka, sesuai hasil rapat bersama stakeholder dan instansi terkait dilakukan lah penetapan ini.

Dia melanjutkan, selama awal tahun 2021 ini, dari tanggal 1 hingga 13 Februari kemarin. Pihaknya juga telah mendeteksi adanya beberapa kejadian karhutla dibeberapa tempat.

Untuk luas yang terbakar, sesuai data, terdeteksi 55,71 hektar lahan terbakar. Disusul munculnya 45 titik hotspot.

”Jadi yang terdeteksi ini ada di Siak, Bengkalis, Rohil dan Dumai,” ungkap Gubernur.

Dia mengutarakan, di Siak ada 33 hektar lahan yang terbakar. Sedangkan di Bengkalis ada 17,7 hektar, disusul Rohil seluas 5 hektar. Terakhir, di Dumai 0,01 hektar.

Sejauh ini, dari perbandingan di tahun 2020 lalu, untuk luas lahan terbakar terhitung 284,57 hektar. Sedangkan, sejak awal tahun 2021 ini yang terbakar seluas 55,71 hektar.

”Tahun lalu, jumlah hotspot ada 60 titik,” urai Gubernur.

Dalam upaya pengendalian Karhutla tahun ini, Gubernur menjelaskan, akan dilanjutkan seperti tahun 2020 lalu.

Gubernur merincikan, upaya yang dilakukan yakni dengan pemetaan kembali daerah rawan bencana. Kedua, melakukan inventarisasi kembali terhadap izin perusahaan perkebunan dan pengusahaan hutan yang beroperasi di Riau.

Kemudian, menguatkan perlibatan perusahaan salam patroli bersama, yang dapat dimonitor langsung oleh Satgas Karhutla Riau.

Lalu, menyediakan ketersediaan alat pertanian di 12 Kabupaten dan Kota. Gin mendukung 99 Kecamatan yang rawan Karhutla dan penyediaan tanaman yang ramah lingkungan.

Seterusnya, pemberdayaan masyarakat sekitar hutan sebagai zona penyangga (Buffer Zone, red), sehingga menciptakan eko wisata terumatama di kawasy taman nasional hutan lindung dan konservasi serta mengembangkan tanaman endemik lahan gambut seperti Nenas, Gerungdang dan lainnya.

Disusul, perlibatan perguruan tinggi dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla. Dengan memanfaatkan Sosialisasi mahasiswa yang KKN.

Kemudian, menguatkan komitmen bersama pencegahan dan penanggulangan Karhutla antara Pemprov dan Pemkab dan Pemko serta pelaku usaha pada tanggal 6 Januari 2020 lalu.

Selanjutnya, menguatkan sistem informasi aplikasi peringatan dini dalam mengetahui lokasi titik hotspot dilapangan.

Seterusnya, pembuatan embung dan sekat kanal pada lokasi-lokasi lahan gambut.

Lalu, pembentukan tim terpadu terkait penertiban kebun sawit ilegal. Untuk diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dilanjutkan, penegakan hukum dan menetapkan peraturan daerah Provinsi Diau nomor 1 tahun 2019 tentang pedoman teknis penanggulangan Karhutla.

Kemudian, mempersiapkan posko relawan unty pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Terakhir, penetapan status Siaga darurat Karhutla mulai tanggal 15 Februari hingga 31 Oktober 2021.

Sk03

Most Popular

Soal BUMD, Zulkifli Indra : Harus Kejar Target

PEKANBARU(SK)- Target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk bisa meraup  PAD  sebesar Rp500 miliar  pada tahun 2023, mendapatkan perhatian...

Enam Dewan di Ujung Batu Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat, Sukiman Minta Jaga Amanah dan Marwah Negeri

ROKANHULU(SK)--Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar Majelis Syukuran atas penerimaan gelar kehormatan adat Wakil Bupati Rohul, Wakil Ketua...

Milad RSLL Ke XIX Meriah, Wabup Rohul Nilai Peran Radio Efektif Informasikan Program Pembangunan Daerah

ROKANHULU(SK)--Sejak 2 tahun terakhir tak dilaksanakan karena Pandemi Covid-19, Peringatan Milad Radio Swara Lima Luhak (RSLL) ke XIX tahun 2022 berlangsung meriah dan sukses,...

Tiga Kali Tak Hadir Hearing, Masyarakat Sontang Tuntut Haknya ke PT Andika

ROKANHULU(SK)--Komisi II DPRD Rokan Hulu (Rohul) gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau Hearing terkait tindaklanjut permasalah konflik masyarakat Desa Sontang dengan pihak PT Andika...

Nasional

UMKM Binaan PT SPR Langgak Raih Penghargaan di Ajang Forum Kapnas Sumbagut

0
KEPRI(SK)--Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan PT. SPR Langgak yang merupakan salah satu KKKS SKK Migas raih penghargaan sebagai juara 2 UMKM terbaik kategori...

Tingkatkan Peran Industri, SKK Migas-KKKS Fasilitasi Pertemuan Para Stakeholder di Area Operasi Sumbagut

0
KEPRI(SK)--Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran industri penunjang kapasitas nasional dalam sektor hulu minyak dan gas, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu...

Tangkal Bencana Asap, Dandim Bengkalis ajak Sektor Perusahaan ikut Cegah Karhutla

0
DURI(SK)– Tak hanya pemerintah daerah (Pemda) Bengkalis, maupun TNI/Polri. Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto juga ingatkan seluruh sektor usaha maupun...

Entaskan COVID-19, Dandim Bengkalis Ajak Seluruh Perusahaan di Duri Percepat Vaksinasi

0
DURI(SK)– Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto gelar silahturahmi dengan seluruh pimpinan perusahaan di wilayah tugas Koramil 03/Mandau, Rabu (30/3). Kegiatan itu...

Task Force Energy, Sustainability & Climate B20 Dukung Transisi Energi Pada G20 Melalui Aksi...

0
Jakarta --- Task Force Energy, Sustainability & Climate (ESC) Business Group 20 (B20) menegaskan komitmennya dalam mendukung tiga isu utama transisi energi yang disampaikan...

Riau

Soal BUMD, Zulkifli Indra : Harus Kejar Target

0
PEKANBARU(SK)- Target Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk bisa meraup  PAD  sebesar Rp500 miliar  pada tahun 2023, mendapatkan perhatian...

Enam Dewan di Ujung Batu Dianugerahi Gelar Kehormatan Adat, Sukiman Minta Jaga Amanah dan...

0
ROKANHULU(SK)--Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar Majelis Syukuran atas penerimaan gelar kehormatan adat Wakil Bupati Rohul, Wakil Ketua...

Milad RSLL Ke XIX Meriah, Wabup Rohul Nilai Peran Radio Efektif Informasikan Program Pembangunan...

0
ROKANHULU(SK)--Sejak 2 tahun terakhir tak dilaksanakan karena Pandemi Covid-19, Peringatan Milad Radio Swara Lima Luhak (RSLL) ke XIX tahun 2022 berlangsung meriah dan sukses,...

Tiga Kali Tak Hadir Hearing, Masyarakat Sontang Tuntut Haknya ke PT Andika

0
ROKANHULU(SK)--Komisi II DPRD Rokan Hulu (Rohul) gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) atau Hearing terkait tindaklanjut permasalah konflik masyarakat Desa Sontang dengan pihak PT Andika...

Lepas JCH Kloter 9, Bupati Sukiman : Jaga Kesehatan Selama Menjalankan Ibadah Haji

0
ROKANHULU(SK)--Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman lepas keberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH) Provinsi Riau Kelompok Terbang (Kloter) 9 Batam - Jeddah, Jumat (24/6/22) pukul 3.00...

Hukum

Serobot Tanah Masyarakat Kunto Darussalam dan Bonai Darussalam, Masyarakat Ingin Usir PT. Hutahaean

0
ROKANHULU(SK)--"Usir PT. Hutahaean yang telah merampas tanah kami"begitu teriakan masyarakat dua Desa yakni Desa Teluk Sono, Kecamatan Bonai Darussalam dan Desa Muara Dilam, Kecamatan...

Oknum Aparat Dituding Terima Upeti Dari Pengusaha Judi

0
ROKANHULU(SK)--Keberadaan Judi berkedok Gelanggang Permainan (Gelper) jenis Shooting Fish atau meja tembak ikan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sempat menjadi perhatian publik di Negeri...

Polisi Selidiki Pembuat Spanduk Ujaran Kebencian

0
PASIRPENGARAIAN(SK)--Tak terima dan merasa dirugikan dengan adanya spanduk bertuliskan " Suparman Maling Uang Negara, Sok Jadi Pahlawan di Rohul" yang terpampang di beberapa titik...

Berkas Kades Teluk Aur P21

0
ROKANHULU(SK)--Setelah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Jaksa Peneliti Kejari Rokan Hulu (Rohul), Penyidik Unit Reskrim Polsek Rambah Samo serahkan tersangka dan barang bukti tindak...

Serang PT Langgam, Dosen Di tuntut 3 Tahun Penjara

0
PEKANBARU(SK)  - Seorang dosen salah satu universitas negeri di Riau Anthony Hamzah selaku terdakwa penyerangan dan pengusiran ratusan karyawan perusahaan sawit di Desa Pangkalan...

Kesehatan

Tangkal Bencana Asap, Dandim Bengkalis ajak Sektor Perusahaan ikut Cegah Karhutla

0
DURI(SK)– Tak hanya pemerintah daerah (Pemda) Bengkalis, maupun TNI/Polri. Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto juga ingatkan seluruh sektor usaha maupun...

Entaskan COVID-19, Dandim Bengkalis Ajak Seluruh Perusahaan di Duri Percepat Vaksinasi

0
DURI(SK)– Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto gelar silahturahmi dengan seluruh pimpinan perusahaan di wilayah tugas Koramil 03/Mandau, Rabu (30/3). Kegiatan itu...

Wakapolri Beri Penghargaan Atas Pencapaian Vaksinasi Tertinggi Di Wilayah Hukum Polda Riau

0
PEKANBARU(SK) - Kegiatan Vaksinasi serentak dilaksanakan di seluruh wilayah  jajaran Polda Riau dengan jumlah 317 titik dengan target sasaran  64.000 Dosis, sedangkan di kota...

Capaian Vaksinasi di Riau Tinggi, Wakapolri Minta Masyarakat Tidak Euforia dan Jaga Ketat Prokes

0
PEKANBARU(SK) - Meski pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Riau tinggi, namun masyarakat diminta tidak ber euforia, dan mengabaikan protokol kesehatan. Demikian disampaikan oleh Wakapolri,...

D’Royal Skin Aesthetic Clinic Kini Hadir di Pekanbaru

0
PEKANBARU(SK)- Grand Opening D'Royal Skin Aesthetic Clinic Berlangsung Semarak. Kegiatan beralamat di Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Minggu 13 Maret 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan...