Minggu, Desember 4, 2022
Beranda Riau Bengkalis Sadis, Demi Polis Asuransi, Pasutri di Duri Bakar Jenazah ODGJ

Sadis, Demi Polis Asuransi, Pasutri di Duri Bakar Jenazah ODGJ

Suami-istri Hendra dan Susiani pelalu pembunuhan ODGJ diamankan polisi dan dihadirkan saat press rilis di Malpolres Bengkalis, Selasa (1/11/022) sore.

DURI(SK) – Tidak perlu waktu lama, tim Opsnal Polres Bengkalis dan Polsek Pinggir mengungkap kasus tewasnya korban di dalam mobil Pickup, Jalan Arifin K, RT 06, RW 01, Dusun 1, Desa Tasik Serai Timur, Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis, Kamis (27/10/2022) dini hari.

Ternyata kejadian sadis itu dilakukan oleh Hendra (49) bersama istrinya Susiani (34) demi.mendapatkan polis asuransi atas nama Hendra dengan mengorbankan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dibawanya dari daerah Jalan Hang Tuah, Duri.

Pengungkapan kasus itu disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Indra Wijatmiko didampingi Kasatreskrim AKP M Reza dan Kapolsek Pinggir, AKP Ade Zeldi saat menggelar Press Rilis di Aula Mapolres Bengkalis, Selasa (1/11/2022) sore.

“Ya, motif pembunuhan ODGJ dengan cara dibakar dalam mobil tersebut adalah untuk mendapatkan Asuransi Jiwa (Prudential), dan tersangka mengakui bahwa mayat yang dibakar dalam Mobil Pick Up BM 8418 DM adalah ODGJ yang didapat di Jalan Hang Tuah, Duri,” ujar Kapolres.

Kedua tersangka merupakan pasangan suami istri (Pasutri). Sabg suami, Hendra (49) yang bekerja wiraswasta perannya sebagai orang yang melakukan pembunuhan berencana. Kemudian istrinya, Susiani (34) perannya sebagai orang yang melakukan dan yang turut serta melakukan perbuatan.jahat tersebut.

Dikatakan Kapolres, dari kedua tersangka polisi mengamankan barang bukti 1 buah kayu broti, 1 unit mobil Pick Up merk Suzuki Carry BM 8418 DM, 1 unit mobil minibus merk Wulling BM 1323 EV. 1 unit Handphone merk Vivo Y12 warna biru. 1 unit Handphone merk Nokia senter warna hitam.

Tiga helai celana dalam merk Jackman. 1 helai baju kaos warna biru merk Primer. 1 buah charger Handphone merk Lava. 1 buah topi warna biru. 1 buah tas jinjing selempang barang warna hitam, 1 helai celana panjang warna coklat. 1 helai baju kemeja lengan pendek warna biru motif kotak-kotak. 1 pasang sendal warna hitam. 1 bundel map yang berisikan dokumen tersangka Hendra.

Polisi juga mengamankan satu lembar Akte Kelahiran Asli, 1 lembar STTB SD, 1 lembar STTB SMP, 1 lembar STTB SMA, 6 lembar Polis Asuransi Prudential semuanya atas nama Hendra, yang terbungkus dalam Map warna merah. 6 lembar Polis Asuransi Prudential atas nama Susiani yang terbungkus dalam Map warna merah. 1 unit Handphone merk VIVO Y91C warna hitam..

Sedangkan modus operandinya kata Kapolres, tersangka membujuk korban dengan memberikan makanan dan menawarkan pekerjaan. Kemudian setelah dibujuk, korban dibawa ke suatu tempat yang sunyi menggunakan mobil Wuling Confero S warna putih BM 1323 EV.

“Lalu korban dihabisi di tepi jalan pada malam hari dalam keadaan gelap dan dipukul menggunakan kayu broti ukuran ±50 Cm ke bagian kepala dan dada sebanyak 6 kali sehingga tak bernyawa lagi,” ujarnya.

Setelah tak bernyawa, jasad korban dibawa lagi ke tempat lain (TKP ke-2) untuk dibakar bersamaan dengan mobil merk Suzuki Carry warna hitam milik pelaku dengan Nomor Polisi BM 8418 DM. Di mana sebelumnya jasad korban ada dipindahkan dari mobil Wuling Confero Swarna putih dengan Nomor Polisi BM 1323 EV.

Sedangkan kronologis kejadian jelas Kapolres, pada Kamis (27/10/2022) telah terjadi kebakaran 1 unit mobil Pick Up dengan Nomor Polisi BM 8418 DM yang di dalamnya ditemukan tubuh manusia dalam keadaan hangus terbakar di Jalan Arifin K, RT 006, RW 001, KM58, Desa Tasik Serai Timur, Kecmatan Talang Muandau, Bengkalis,

Selanjutnya dilakukan penyelidikan mayat tersebut merupakan saudara pelaku Hendra, warga Desa Tasik Serai Timur. Tim Opsnal merasa curiga kepada keluarga Hendra, karena menolak untuk dilakukan otopsi, selanjutnya pada Sabtu (29/10/2022) sekitar pukul10.00 WIB, tim melakukan penyelidikan dengan mengecek riiwayat panggilan pada HP aktif dengan nomor lain yang keberadaanya di Jalan Rajawali, Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.

Menurut Kapolres, setelah mendapatkan analisa dan informasi tersebut sekitar pukul 11.00 WIB Tim Gabungan Sat Reskrim Polres Bengkalis dan Polsek Pinggir berangkat menuju lokasi, kemudian sekira pukul 21.00 WIB Tim berhasil mengamankan 1 orang yang diduga menggunakan HP yang hilang yang memang sebenarnya adalah atas nama Hendra (49) sendiri.

Selanjutnya dilakukan interogasi dan terlapor mengakui perbuatannya merekayasa kejadian pembakaran mobil tersebut untuk mendapatkan Asuransi Jiwa (Prudential), dan tersangka mengakui bahwa mayat yang dibakar dalam mobil Pick Up adalah Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dibawanya dari daerah Jalan Hang Tuah, Duri.

“Atas pengakuan tersangka Hendra, Tim Opsnal Polsek Pinggir mengamankan dan membawanya ke Polsek Pinggir guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Kemudian tim penyidik melakukan pemeriksaan terhadap para pelaku dan selanjutnya melakukan penangkapan untuk diproses hukum lebih lanjut,” ujarnya.

Terhadap perbuatan itu kata Kapolres, tersangka dikenakan pasal 340 Jo 338 Jo 55 ayat (1) KUHPidana.1. Pasal 340 Barang siapa dengan sengaja dan dengan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan berencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun. Pasal 338 barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana paling lama 15 tahun. Pasal 55 ayat (1) dipidana sebagai pelaku tindak pidana.

Sementara itu, berita sebelumnya, bahwa kejadian pada Kamis (27/10202) sekitar pukul 05.00 WIB, ada warga sedang melintas di Jalan Aripin K, RT.06, RW.01, Km 58, Desa Tasik Serai Timur memberitahu ada mobil terbakar dan di dalam ada orang yang ikut terbakar.

Selanjutnya kata Reza, warga yang baru selesai salat Subuh langsung menuju ke TKP, salah satu warga bernama Sam menghubungi Kades setempat, kemudian Kepala Desa Tasik Serai Timur Erwin Siahaan datang ke lokasi TKP beserta warga lainnya .Selanjutnya Kades memberitahukan kepada Bhabinkamtibmas dan Personil Piket Mako SPKT Polsek Pinggir.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Kapolsek Pinggir Kompol Ade Zaldi, Kanit Reskrim Iptu Gogor Ristanto bersama piket SPKT dan piket Fungsi dan Bhabhinkamtibmas Desa Tasik Serai Timur tiba di lokasi dan melakukan olah TKP.

Di TKP ditemukan 1 unit mobil Suzuki Carry Pick Up warna Hitam Nopol BM 8418 DM dengan kondisi telah terbakar. Di dalamnya terdapat 1 orang korban telah meninggal dunia, dengan kondisi luka bakar, hangus seluruh badan (bagian kepala tengadah ke belakang/tersandar ke dinding kabin depan kemudi), kaca depan mobil sudah pecah.

Menurut Reza, berdasarkan keterangan dari keluarga, korban keluar dari rumah pada Rabu (26/10/ 2022) pukul 08.00 WIB dengan tujuan belanja pupuk di Kota Duri dan keperluan lain. Setelah itu seharian tidak pulang, dan selanjutnya malam hari sekira pukul 23.00 WIB malam ada menelpon dan korban mengatakan masih di Duri dan nanti ada yang mau merental mobil pribadi korban.

“Keluarga korban tidak tahu siapa yang merental mobilnya tersebut dan tahu-tahunya di pagi hari sudah mendapat kabar bahwasanya mobil lain yang ada dibawa korban sekembali dari Kota Duri, yakni Mobil Suzuki Carry warna Hitam BM 8418 DM sudah ditemukan dalam keadaan terbakar,” ujarnya.

Sekira pukul 10.30 WIB Ambulans Puskesmas Serai Wangi tiba di lokasi selanjutnya pukul 11.00 WIB dilakukan evakuasi jenazah untuk dibawa ke rumah korban yang berada di Jalan Aripin K, RT 06, RW.01, Km.58, Desa Tasik Serai Timur, Kecamatan Talang Muandau, Bengkalis.

Pada saat itu, Kapolsek Pinggir Kompol Ade Zaldi SIK menyarankan untuk dilakukan Autopsi namun pihak keluarga menolak dengan membuat pernyataan. Selanjutnya jenazah diserahkan ke pihak keluarga guna dikuburkan

SK/RLS

Most Popular

Atlet Perbakin Pekanbaru Boyong Sejumlah Medali

PEKANBARU(SK)--Kiprah para atlet menembak Perbakin Kota Pekanbaru tak diragukan lagi. Hasil yang maksimal dan memuaskan selalu ditoreh dalam berbagai kompetisi. Sejumlah prestasi diraih pada...

Kunker Kabinda Riau Ke Rohul, Brigjen TNI R Wibisono: Bupati Sukiman Adalah Suhu Saya Di TNI

ROHUL(SK)-  Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Riau Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso menggelar Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (18/10/2022) malam. Selain bersilaturahmi,...

HUT IKJR KE 18 Berlangsung Akrab, H. Sukiman Harap Eksistensi IKJR Kedepankan Semangat Gotong Royong dan Sebagai Teladan Ditengah Masyarakat

ROHUL(SK)- Sambutan Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) H. Sukiman mengawali rangkaian acara Hari Ulang Tahun IKJR ke 18 yg diselenggarakan di...

XL Axiata Raih Kinerja Solid Kualitas Jaringan Dorong Pertumbuhan Pendapatan

Jakarta(SK)-- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9% lebih tinggi dari periode yang sama...

Nasional

XL Axiata Raih Kinerja Solid Kualitas Jaringan Dorong Pertumbuhan Pendapatan

0
Jakarta(SK)-- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9% lebih tinggi dari periode yang sama...

Pengamanan KTT G20, Polri Gunakan Face Recognition

0
BALI(SK) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar latihan pra Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan pelaksanaan presidensi KTT G20 di Bali. Latihan...

XL Axiata Bekali Wisudawan Universitas Andalas, Kiat Hadapi Dunia Kerja

0
Padang(SK) -- Melalui program XL Axiata Future Leaders (XLFL), PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan pembekalan kepada para wisudawan Universitas Andalas Padang (Unand)....

Efisiensi Proses Bisnis, KBI integritaskan 3 ISO

0
Jakarta(SK) -- PT Kliring Berjangka Indonesia mengintegrasikan ISO 9001 tentang Sistem Manajemen Mutu, ISO/IEC 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan ISO 37001:2016 Sistem Manajemen...

Dunia Games Telkomsel Gelar DG Con 2022, Festival Games Terbesar di Indonesia secara Hybrid...

0
Jakarta(SK) – Telkomsel melanjutkan konsistensinya dalam memperkuat ekosistem dan industri gaming serta esports di Indonesia untuk terus berkembang semakin inklusif. Hal ini diwujudkan dengan menggelar...

Riau

Atlet Perbakin Pekanbaru Boyong Sejumlah Medali

0
PEKANBARU(SK)--Kiprah para atlet menembak Perbakin Kota Pekanbaru tak diragukan lagi. Hasil yang maksimal dan memuaskan selalu ditoreh dalam berbagai kompetisi. Sejumlah prestasi diraih pada...

Kunker Kabinda Riau Ke Rohul, Brigjen TNI R Wibisono: Bupati Sukiman Adalah Suhu Saya...

0
ROHUL(SK)-  Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Riau Brigjen TNI R. Wibisono Hendroyoso menggelar Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Rokan Hulu, Selasa (18/10/2022) malam. Selain bersilaturahmi,...

HUT IKJR KE 18 Berlangsung Akrab, H. Sukiman Harap Eksistensi IKJR Kedepankan Semangat Gotong...

0
ROHUL(SK)- Sambutan Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) H. Sukiman mengawali rangkaian acara Hari Ulang Tahun IKJR ke 18 yg diselenggarakan di...

XL Axiata Raih Kinerja Solid Kualitas Jaringan Dorong Pertumbuhan Pendapatan

0
Jakarta(SK)-- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meraih kinerja solid sepanjang sembilan bulan pertama 2022. Pendapatan meningkat 9% lebih tinggi dari periode yang sama...

Bupati Rohul Buka Secara Resmi Rapat Kerja KONI Rohul Tahun 2022

0
ROHUL(SK) - Rapat Kerja Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rokan Hulu tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman di Pendopo...

Hukum

Iptu Rudi Sitinjak Polisi Tegas dan Humanis Dengan Segudang Prestasi Olahraga, Kembali Harumkan Nama...

0
PEKANBARU(SK) - Inspektur Polisi Satu (Iptu) Rudi Artono Sitinjak, merupakan personel polisi berprestasi di bidang olahraga. Pria yang menjabat sebagai Plh Kasi Propam Polres...

Nurhayati Tak Kuasa Menahan Tangis, Kapolres Inhu Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Impiannya.

0
INHU(SK) - Sambil menggendong cucunya yang masih Balita, Nurhayati (52 tahun), warga Desa Petaling Jaya, Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), tak kuasa menahan...

Pengamanan KTT G20, Polri Gunakan Face Recognition

0
BALI(SK) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menggelar latihan pra Operasi Puri Agung 2022 dalam rangka pengamanan pelaksanaan presidensi KTT G20 di Bali. Latihan...

Sadis, Demi Polis Asuransi, Pasutri di Duri Bakar Jenazah ODGJ

0
DURI(SK) - Tidak perlu waktu lama, tim Opsnal Polres Bengkalis dan Polsek Pinggir mengungkap kasus tewasnya korban di dalam mobil Pickup, Jalan Arifin K,...

Pedagang Sapu Keliling Kaget Bukan Kepalang, Dagangan Diborong Pak Polisi

0
PEKANBARU(SK) - Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Riau, Kombes Pol Wendry Purbyantoro SH mendadak menghentikan laju kendaraan dinasnya saat melintas di Jalan Diponegoro, Selasa...

Kesehatan

Tangkal Bencana Asap, Dandim Bengkalis ajak Sektor Perusahaan ikut Cegah Karhutla

0
DURI(SK)– Tak hanya pemerintah daerah (Pemda) Bengkalis, maupun TNI/Polri. Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto juga ingatkan seluruh sektor usaha maupun...

Entaskan COVID-19, Dandim Bengkalis Ajak Seluruh Perusahaan di Duri Percepat Vaksinasi

0
DURI(SK)– Komandan Kodim (Dandim) 0303/Bengkalis, Letkol. Inf. Endik Yunia Hermanto gelar silahturahmi dengan seluruh pimpinan perusahaan di wilayah tugas Koramil 03/Mandau, Rabu (30/3). Kegiatan itu...

Wakapolri Beri Penghargaan Atas Pencapaian Vaksinasi Tertinggi Di Wilayah Hukum Polda Riau

0
PEKANBARU(SK) - Kegiatan Vaksinasi serentak dilaksanakan di seluruh wilayah  jajaran Polda Riau dengan jumlah 317 titik dengan target sasaran  64.000 Dosis, sedangkan di kota...

Capaian Vaksinasi di Riau Tinggi, Wakapolri Minta Masyarakat Tidak Euforia dan Jaga Ketat Prokes

0
PEKANBARU(SK) - Meski pencapaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Provinsi Riau tinggi, namun masyarakat diminta tidak ber euforia, dan mengabaikan protokol kesehatan. Demikian disampaikan oleh Wakapolri,...

D’Royal Skin Aesthetic Clinic Kini Hadir di Pekanbaru

0
PEKANBARU(SK)- Grand Opening D'Royal Skin Aesthetic Clinic Berlangsung Semarak. Kegiatan beralamat di Jalan Rajawali Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Minggu 13 Maret 2022. Kegiatan diawali dengan sambutan...