Sabtu, Januari 23, 2021
Beranda Riau Bengkalis Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

Sabtu, Januari 23, 2021

PEKANBARU–Satuan Reserse Narkoba Bengkalis bekerjasama dengan Satpolair dan Bea Cukai berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu, 4 Kilogram jaringan internasional, yang melibatkan napi dengan kurir seorang honorer Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkalis, Jumat (1/1/2021) kemarin.

Napi tersebut diketahui mengendalikan peredaran sabu ini dari dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Dumai, dengan nama Junaidi (30). Sedangkan, kurirnya bernama Andri.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, didampingi Kasat Narkoba AKP Syahrizal, Selasa (5/1/2021) mengungkapkan, ada enam pelaku yang diamankan dalam kasus ini.

Penangkapan juga dilakukan di empat lokasi pertama di Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis. Lokasi kedua, di Dusun Sei Liung Desa Bantan Tengah, Bengkalis. Kemudian lokasi ketiga, di Jalan Lintas Selat baru Desa Bantan Kecamata Bantan. Terakhir di Jalan Kelapapati Darat Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis.

Kapolres menjelaskan, identitas para pelaku adalah Bondan (43) dengan pekerjaan nelayan. Turut diamankan, Tono (28) pekerjaan buruh.

Selanjutnya, Amirul (23) seorang pengangguran dan Handrian (23) juga seorang pengangguran. Kemudian, Supandi (24) juga pengangguran dan Junaidi (30) juga pengangguran.

”Untuk tersangka Junaidi ini adalah Napi yang sedang menjalani masa hukuman di Rutan kelas II A Dumai,” kata Kapolres.

Selain itu, dalam kasus ini, peran Junaidi disebutkan beberapa pelaku yang ditangkap sebelumnya adalah sebagai pengendali.

Dari para pelaku, selain empat bungkus besar narkotika jenis sabu. Turut diamankan alat komunikasi berupa hp sebanyak tujuh unit Hp. Kemudian turut diamankan motor dan tas ransel.

”Saat pengembangan petugas di lapangan juga mendapatkan uang Rp300 ribu, yang dikatakan pelaku merupakan upah mereka,” tutur Kapolres.

Terungkapnya kasus ini, kata Kapolres, berawal saat Senin (28/12/2020) kemarin tim mendapatkan informasi akan ada penyelundupan narkoba dari Malaysia menuju Kecamatan Bukit Batu Bengkalis.

”Untuk mengungkap kasus ini, tim dibagi menjadi dua yakni satu tim stanby di lautan dan tim lainnya stanby di daratan,” kata Kapolres.

Jalannya penyelidikan, petugas memantau di perairan laut Selat Bengkalis yang dilakukan Sat Pol Air dan Bea Cukai Bengkalis. Sedangkan, lokasi kedua di kawasan daratan sepanjang pantai Bukit Batu oleh Timsus Narkoba bersama Polsek Bengkalis dan Bantan.

”Hasil pertama tidak ditemukan kegiatan penyelundupan. Tetapi beruntung tim yang turun sudah mengetahui identitas diduga pelaku yang bekerja sebagai nelayan di Desa Tel Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis,” jelas Kapolres.

Keesokan harinya, pada Rabu (30/12/2020) tim kembali memperoleh informasi target sudah berangkat lagi menjemput narkoba ke Malaysia menuju Bengkalis melalui Pantai Teluk Papal Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

”Untuk mematangkan penangkapan tim langsung melakukan langkah-langkah penyelidikan sekitar lokasi dengan cara, mapping wilayah untuk persembunyian di sekitar hutan bakau di lokasi Pantai Tanjung Papal. Sedangkan Speed Boat Sat Pol Air Polres Bengkalis dan Bea Cukai Bengkalis untuk mengawasi pergerakan target di sekitar bibir pantai pulau Bengkalis mengarah ke Selat Melaka,” kata Kapolres.

Akhirnya, pada Kamis (31/12/2020) dinihari sekitar pukul 00.20 WIB. Keberadaan pelaku terpantau saat keluar dari lokasi persembunyian, saat turun di wilayah Pantai Tanjung Papal, Kecamatan Bengkalis.

”Karena lokasi target yang jauh dan tidak terjangkau. Tim hanya bisa melihat pelaku menyandang sebuah tas, saat turun dari speadboat menuju hutan bakau,” sebut Kapolres.

Namun, karena pelaku tidak membawa barang bukti. Saat itu, tim hanya bisa memantau kegiatan target dan melihat pelaku keluar hutan bakau menuju rumahnya.

Akhirnya kesabaran tim berbuah manis, pada Jumat (1/1/2021) sekitar pukul 18.30 WIB, Tim melihat target kembali masuk lagi ke lokasi hutan bakau. Tetapi tim sempat kehilangan jejak karena kondisi gelap.

”Setelah diketahui, sekitar pukul 20.20 WIB tersangka Alu berhasil ditangkap di rumahnya,” jelas Kapolres.

Kepada petugas yang mengintrogasi, Alu mengakui masih menyimpan BB Narkoba sebanyak dua kilogram sabu yang ditanam dalam tanah di lokasi kebun milik orang berjarak lebih kurang 800 meter dari rumahnya.

Petugas yang belum percaya, akhirnya meminta Alu menyebutkan sisa barang bukti lainnya.

”Saat diintrogasi lagi, Alu mengaku telah menyerahkan 3 kilogram sabu kepada Alwis warga Bantan Tengah atas perintah dari Edi warga Binaan Rutan Dumai bersama ribuan pil ekstasi dalam kantong plastik,” jelas Kapolres.

Dari pengakuan Alu. Ia sengaja menanam barang bukti, sebelum Edi menyerahkan upahnya.

Atas pengakuan Alu, pada Sabtu (2/1/2021) tim melakukan pengembangan dengan meringkus Alwis di Sungai Liung.

”Dari pengakuan Alwis sabu 3 Kg dan ribuan Pil ektasi sudah diserahkan kepada Along di hari Kamis (31/12/2020) di lokasi jalan lintas Selat Baru Bengkalis. Dan Along kemudian di tangkap di rumahnya,” kata Kapolres.

Sementara itu, Along juga mengakui, bahwa 2 Kilogram sabu yang dititipkan padannya telah diserahkan kepada Andri dengan meletakkan sabu di pinggir jalan.

”Kalau barang bukti sabu dan ribuan ektasi kata Andri sudah diserahkan kepada Darma yang ditetapkan sebagai DPO,” kata Kapolres, sambil menyebutkan Andri merupakan honorer Satpol PP Pemda Bengkalis yang tinggal di daerah Sebauk/Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis.

”Hasil pendalaman dan pengembangan. Andri diketahui merupakan Kurir Edi yang ditangkap saat menggunakan motor N- Max warna biru di Jalan Lintas Selat Baru,” ungkap Kapolres.

Antara pelaku kata Kapolres tidak saling mengenal. Kemudian, saat dilakukan pengembangan terhadap Iyik, yang bersangkutan tidak ditemukan di rumahnya.

Sedangkan informasi lainnya, Andri juga mengakui telah ditelpon oleh Supandi als AGE, yang rencananya diminta untuk mengantarkan BB Sabu sebanyak 4 Kg ke Pekanbaru.

Selanjutnya hasil dilakukan interograsi terhadap Pandi. Dia mengakui telah ditelpon dan diminta oleh Edi untuk mencari kurir pengantar BB sabu ke Pekanbaru.

”Tim melanjutkan dengan melakukan interograsi terhadap Edi di Rutan Dumai. Hasilnya, Edi tdk mengakui telah menelpon Alu, Along dan Andri,” kata Kapolres.

Pasal yang diterapkan yakni pasal 114 (2) Dan PASAL 112 (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 TAHUN 2009, dengan ancaman pasal 114 (2) di ancam dengan pidana Mati , Pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun pidana denda maksimum sebagaimana di maksud pada ayat (1) di tambah ⅓ (sepertiga).

Sk03

Most Popular

Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau Audiensi dengan Kesbangpol Provinsi Riau

Pekanbaru---Untuk meningkatkan sinergitas maka pada Kamis, 21 Januari 2021, Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau melakukan Audiensi dengan Kesbangpol Provinsi Riau yang bertugas...

Yayasan Riau Hijau Warch Aksi Papan Bunga di Kantor Gubri

Pekanbaru --- Yayasan Riau Hijau Watch mengadakan aksi papan bunga di Kantor Gubernur Riau, Kamis (21/1/2021). Papan bunga itu bertuliskan "mendukung gubri tindak dugaan...

Anggota DPRD PKS Se-Riau Donasikan Gaji Untuk Bantu Korban Bencana Alam

Pekanbaru - Sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana alam, Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi menginstruksikan seluruh anggota DPRD se-Riau fraksi...

Pengedar Jual Sabu ke Polisi, Masuk Kerangkeng Lah

TELUKKUANTAN-Terkenal sangat licin dalam menjalankan pekerjaan haramnya. Pria inisial RS warga Deda Sei Kuranji berhasil ditangkap tim Satnarkoba Polres Kuantan Singingi. Menurut Kapolres Kuantang Sengingi...

Nasional

Penahanan 2 Tersangka Kasus Jembatan Waterfront City Kampar Diperpanjang

0
JAKARTA-Kasus dugaan TPK Pengadaan dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan Jembatan Waterfront City Multy Years pada Dinas Bina Marga dan Pengairan pemerintah Kabupaten Kampar tahun anggaran...

Risma dan Sandiaga Jadi Menteri, Reshuffle Kabinet Dinilai Jadi Win-win Solution

0
JAKARTA---- Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan perombakan atau reshuffle kabinet yang diumumkan Presiden Joko Widodo pada Selasa (22/12/2020), merupakan...

Jokowi: Vaksinasi Seperti Digigit Semut, Cekit, Sudah ..

0
JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengimbau masyarakat tidak takut menjalani vaksinasi Covid-19. Menurut Jokowi, proses vaksinasi Covid-19 sama dengan proses suntik vaksin yang sebelumnya sudah dijalani...

Muhadjir Effendy, Dari Menteri Terbaik Hingga Jabat Plt Mensos

0
  Jakarta---Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mendapatkan penghargaan Best Ministers atau Menteri Terbaik dalam ajang Obsession Award 2020 yang diselenggarakan oleh...

Ini Kata Habib Rizieq Seandainya Ia Tidak Keluar, Ditangkap dan Dikurung di Mako Brimob

0
Jakarta -- Video Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang membahas jika dirinya di penjara di Mako Brimob viral di media...

Riau

Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau Audiensi dengan Kesbangpol Provinsi Riau

0
Pekanbaru---Untuk meningkatkan sinergitas maka pada Kamis, 21 Januari 2021, Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau melakukan Audiensi dengan Kesbangpol Provinsi Riau yang bertugas...

Yayasan Riau Hijau Warch Aksi Papan Bunga di Kantor Gubri

0
Pekanbaru --- Yayasan Riau Hijau Watch mengadakan aksi papan bunga di Kantor Gubernur Riau, Kamis (21/1/2021). Papan bunga itu bertuliskan "mendukung gubri tindak dugaan...

Anggota DPRD PKS Se-Riau Donasikan Gaji Untuk Bantu Korban Bencana Alam

0
Pekanbaru - Sebagai bentuk kepedulian kepada saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana alam, Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi menginstruksikan seluruh anggota DPRD se-Riau fraksi...

Pengedar Jual Sabu ke Polisi, Masuk Kerangkeng Lah

0
TELUKKUANTAN-Terkenal sangat licin dalam menjalankan pekerjaan haramnya. Pria inisial RS warga Deda Sei Kuranji berhasil ditangkap tim Satnarkoba Polres Kuantan Singingi. Menurut Kapolres Kuantang Sengingi...

B2P3 Riau Siap Bersinergi untuk Pembinaan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia

0
Pekanbaru--Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Riau Audiensi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau di Jalan Pepaya, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Rabu (20/01/21). Rombongan...

Hukum

Pengedar Jual Sabu ke Polisi, Masuk Kerangkeng Lah

0
TELUKKUANTAN-Terkenal sangat licin dalam menjalankan pekerjaan haramnya. Pria inisial RS warga Deda Sei Kuranji berhasil ditangkap tim Satnarkoba Polres Kuantan Singingi. Menurut Kapolres Kuantang Sengingi...

Polda Riau Gagalkan Peredaran Sabu 20 Kilogram dari Malaysia

0
PEKANBARU--Tim Khusus Ditresnarkoba Polda Riau, menggagalkan 20 Kilogram sabu dikirim dari Malaysia tujuan Dumai, Senin (18/1/2021) kemarin. Pelakunya inisial AD (37) diamankan saat mobil yang...

Kadis DLHK Kota Pekanbaru Diperiksa 7,5 Jam

0
PEKANBARU--Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Riau, menepati janjinya dengan melakukan pemanggilan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru, Senin (18/1/2021) ini. Usai...

Modus Luluskan Polisi, Warga Tenayan Raya Ditangkap di Jambi

0
PEKANBARU--Bekerjasama dengan Tim Resmob Ditreskrimum Polda Jambi. Tim Jatanras Ditreskrimum Polda Riau, berhasil meringkus Yulken (43), pada Sabtu (16/1/2021), dalam kasus modus meluluskan seseorang...

Senin Agenda Pemeriksaan DLHK Pekanbaru

0
PEKANBARU--Setelah pernyataan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan saksi-saksi terkait, menumpuknya sampah di Pekanbaru, Jumat (15/1/2021) pagi. Direktur...

Kesehatan

Catat, Ini Waktu Vaksinasi 14 Tokoh Riau Divaksinasi

0
PEKANBARU--Pemberian vaksinasi Sinovac di pemerintah pusat, dilaksanakan, Rabu (13/1/2021) dengan dimulai dari Presiden Republik Indonesia. Sedangkan di Provinsi Riau, baru akan dilakukan, Kamis (14/1/2021)...

Terkait PSBB se-Jawa, Wagubri : Riau Hanya Perketat Protokol Kesehatan

0
PEKANBARU--Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution memimpin rapat virtual membahas rencana vaksin Covid-19 di daerah serta pengetatan protokol kesehatan secara virtual bersama Bupati dan...

Satu Irjen, Dua Bintang Satu dan Kolonel Siap Disuntik Vaksin Pertama di Riau

0
PEKANBARU--Dari 10 nama tokoh di Provinsi Riau yang diminta Presiden RI, Joko Widodo, agar diberikan Vaksin. Empat diantaranya telah menyodorkan diri, agar menjadi contoh...

Tanggal 11 PSBB Serentak Seluruh Indonesia

0
PEKANBARU--Pemerintah Provinsi Riau, dikatakan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edi Natar Nasution SIP, sedang menunggu arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Terkait rencana Pembatasan Sosial Berskala...

Melihat Ketum DPP SantanNU Rusli Ahmad Bersihkan Sampah

0
PEKANBARU - Terkendalanya penanganan sampah di Pekanbaru menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Bau sampah yang tidak terangkut, telah sampai pada tahap mengganggu aktivitas warga. Melihat...