Selasa, November 30, 2021
Beranda Riau Bengkalis Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

PEKANBARU–Satuan Reserse Narkoba Bengkalis bekerjasama dengan Satpolair dan Bea Cukai berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu, 4 Kilogram jaringan internasional, yang melibatkan napi dengan kurir seorang honorer Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkalis, Jumat (1/1/2021) kemarin.

Napi tersebut diketahui mengendalikan peredaran sabu ini dari dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Dumai, dengan nama Junaidi (30). Sedangkan, kurirnya bernama Andri.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, didampingi Kasat Narkoba AKP Syahrizal, Selasa (5/1/2021) mengungkapkan, ada enam pelaku yang diamankan dalam kasus ini.

Penangkapan juga dilakukan di empat lokasi pertama di Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis. Lokasi kedua, di Dusun Sei Liung Desa Bantan Tengah, Bengkalis. Kemudian lokasi ketiga, di Jalan Lintas Selat baru Desa Bantan Kecamata Bantan. Terakhir di Jalan Kelapapati Darat Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis.

Kapolres menjelaskan, identitas para pelaku adalah Bondan (43) dengan pekerjaan nelayan. Turut diamankan, Tono (28) pekerjaan buruh.

Selanjutnya, Amirul (23) seorang pengangguran dan Handrian (23) juga seorang pengangguran. Kemudian, Supandi (24) juga pengangguran dan Junaidi (30) juga pengangguran.

”Untuk tersangka Junaidi ini adalah Napi yang sedang menjalani masa hukuman di Rutan kelas II A Dumai,” kata Kapolres.

Selain itu, dalam kasus ini, peran Junaidi disebutkan beberapa pelaku yang ditangkap sebelumnya adalah sebagai pengendali.

Dari para pelaku, selain empat bungkus besar narkotika jenis sabu. Turut diamankan alat komunikasi berupa hp sebanyak tujuh unit Hp. Kemudian turut diamankan motor dan tas ransel.

”Saat pengembangan petugas di lapangan juga mendapatkan uang Rp300 ribu, yang dikatakan pelaku merupakan upah mereka,” tutur Kapolres.

Terungkapnya kasus ini, kata Kapolres, berawal saat Senin (28/12/2020) kemarin tim mendapatkan informasi akan ada penyelundupan narkoba dari Malaysia menuju Kecamatan Bukit Batu Bengkalis.

”Untuk mengungkap kasus ini, tim dibagi menjadi dua yakni satu tim stanby di lautan dan tim lainnya stanby di daratan,” kata Kapolres.

Jalannya penyelidikan, petugas memantau di perairan laut Selat Bengkalis yang dilakukan Sat Pol Air dan Bea Cukai Bengkalis. Sedangkan, lokasi kedua di kawasan daratan sepanjang pantai Bukit Batu oleh Timsus Narkoba bersama Polsek Bengkalis dan Bantan.

”Hasil pertama tidak ditemukan kegiatan penyelundupan. Tetapi beruntung tim yang turun sudah mengetahui identitas diduga pelaku yang bekerja sebagai nelayan di Desa Tel Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis,” jelas Kapolres.

Keesokan harinya, pada Rabu (30/12/2020) tim kembali memperoleh informasi target sudah berangkat lagi menjemput narkoba ke Malaysia menuju Bengkalis melalui Pantai Teluk Papal Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

”Untuk mematangkan penangkapan tim langsung melakukan langkah-langkah penyelidikan sekitar lokasi dengan cara, mapping wilayah untuk persembunyian di sekitar hutan bakau di lokasi Pantai Tanjung Papal. Sedangkan Speed Boat Sat Pol Air Polres Bengkalis dan Bea Cukai Bengkalis untuk mengawasi pergerakan target di sekitar bibir pantai pulau Bengkalis mengarah ke Selat Melaka,” kata Kapolres.

Akhirnya, pada Kamis (31/12/2020) dinihari sekitar pukul 00.20 WIB. Keberadaan pelaku terpantau saat keluar dari lokasi persembunyian, saat turun di wilayah Pantai Tanjung Papal, Kecamatan Bengkalis.

”Karena lokasi target yang jauh dan tidak terjangkau. Tim hanya bisa melihat pelaku menyandang sebuah tas, saat turun dari speadboat menuju hutan bakau,” sebut Kapolres.

Namun, karena pelaku tidak membawa barang bukti. Saat itu, tim hanya bisa memantau kegiatan target dan melihat pelaku keluar hutan bakau menuju rumahnya.

Akhirnya kesabaran tim berbuah manis, pada Jumat (1/1/2021) sekitar pukul 18.30 WIB, Tim melihat target kembali masuk lagi ke lokasi hutan bakau. Tetapi tim sempat kehilangan jejak karena kondisi gelap.

”Setelah diketahui, sekitar pukul 20.20 WIB tersangka Alu berhasil ditangkap di rumahnya,” jelas Kapolres.

Kepada petugas yang mengintrogasi, Alu mengakui masih menyimpan BB Narkoba sebanyak dua kilogram sabu yang ditanam dalam tanah di lokasi kebun milik orang berjarak lebih kurang 800 meter dari rumahnya.

Petugas yang belum percaya, akhirnya meminta Alu menyebutkan sisa barang bukti lainnya.

”Saat diintrogasi lagi, Alu mengaku telah menyerahkan 3 kilogram sabu kepada Alwis warga Bantan Tengah atas perintah dari Edi warga Binaan Rutan Dumai bersama ribuan pil ekstasi dalam kantong plastik,” jelas Kapolres.

Dari pengakuan Alu. Ia sengaja menanam barang bukti, sebelum Edi menyerahkan upahnya.

Atas pengakuan Alu, pada Sabtu (2/1/2021) tim melakukan pengembangan dengan meringkus Alwis di Sungai Liung.

”Dari pengakuan Alwis sabu 3 Kg dan ribuan Pil ektasi sudah diserahkan kepada Along di hari Kamis (31/12/2020) di lokasi jalan lintas Selat Baru Bengkalis. Dan Along kemudian di tangkap di rumahnya,” kata Kapolres.

Sementara itu, Along juga mengakui, bahwa 2 Kilogram sabu yang dititipkan padannya telah diserahkan kepada Andri dengan meletakkan sabu di pinggir jalan.

”Kalau barang bukti sabu dan ribuan ektasi kata Andri sudah diserahkan kepada Darma yang ditetapkan sebagai DPO,” kata Kapolres, sambil menyebutkan Andri merupakan honorer Satpol PP Pemda Bengkalis yang tinggal di daerah Sebauk/Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis.

”Hasil pendalaman dan pengembangan. Andri diketahui merupakan Kurir Edi yang ditangkap saat menggunakan motor N- Max warna biru di Jalan Lintas Selat Baru,” ungkap Kapolres.

Antara pelaku kata Kapolres tidak saling mengenal. Kemudian, saat dilakukan pengembangan terhadap Iyik, yang bersangkutan tidak ditemukan di rumahnya.

Sedangkan informasi lainnya, Andri juga mengakui telah ditelpon oleh Supandi als AGE, yang rencananya diminta untuk mengantarkan BB Sabu sebanyak 4 Kg ke Pekanbaru.

Selanjutnya hasil dilakukan interograsi terhadap Pandi. Dia mengakui telah ditelpon dan diminta oleh Edi untuk mencari kurir pengantar BB sabu ke Pekanbaru.

”Tim melanjutkan dengan melakukan interograsi terhadap Edi di Rutan Dumai. Hasilnya, Edi tdk mengakui telah menelpon Alu, Along dan Andri,” kata Kapolres.

Pasal yang diterapkan yakni pasal 114 (2) Dan PASAL 112 (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 TAHUN 2009, dengan ancaman pasal 114 (2) di ancam dengan pidana Mati , Pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun pidana denda maksimum sebagaimana di maksud pada ayat (1) di tambah ⅓ (sepertiga).

Sk03

Most Popular

Mahasiwa Sebut Pengadaan Baju Dinas Itu Foya-Foya, Dewan Sebut Itu Hak Protokoler Pejabat

ROKANHULU(SK) --Menyikapi kebijakan Pemerintah yang telah melelang kegiatan pengadaan baju seragam untuk 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) di tengah Pandemi...

SPKS Rohul Perjuangkan DBH Minyak Kelapa Sawit

ROKANHULU(SK)--Rapat kerja Nasional Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) yang dilaksanakan di Kota Bogor menghadirkan Wakil Ketua KPK RI Lili Pintauli Siregar sebagai keynote speaker,...

IKM Langgak Craft Raih Penghargaan Pada Malam Puncak Nothern Sumatera Forum 2021

ROKANHULU(SK)--Industri Kecil Menengah (IKM) Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak memperoleh apresiasi dan penghargaan bersama 6 UMKM binaan KKKS (perusahaan migas-red) lainnya...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di BJB Pekanbaru

PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Nasional

Telkomsel-Zoom Kolaborasi Hadirkan Pengalaman Premium Interaksi Virtual yang Terjangkau

0
Jakarta(SK)- Telkomsel bersama Zoom Video Communications, Inc. (Zoom) hari ini mengumumkan kolaborasi guna menghadirkan pengalaman premium berinteraksi secara virtual bagi para pelanggan Telkomsel. Dalam kolaborasi...

Dana BSU Peserta BPJAMSOSTEK Cair

0
PEKANBARU(SK) - Pemerintah sudah mulai melakukan pencairan dana Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang pada pekan lalu sudah diserahkan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kepada...

Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia Mengadakan Ujian Ke- 32

0
PEKANBARU----Porsea, Perguruan Kungfu Naga Sakti Indonesia (PKNSI) mengadakan ujian kenaikan sabuk yang ke- 32 di Desa Jonggi Manulus Kecamatan Permaksian Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera...

Pimred StatusRakyat Apresiasi Polda Sumut Atas Ungkap Pembunuh Marshal

0
PEKANBARU(SK)----Keberhasilan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumut dalam mengungkap kasus penembakan Marasalem Harahap (Marshal) Pimpinan Redaksi Media Lassernewstoday.com menuai pujian dari kalangan kuli tinta...

Tokoh Agam Dukung T Rusli Ahmad Jadi Ketua FKUB, Ketua DPH LAMR : Sudah...

0
PEKANBARU(SK) - Dukungan terhadap Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdatul Ulama (Santan NU) T. Rusli Ahmad menjadi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi...

Riau

Mahasiwa Sebut Pengadaan Baju Dinas Itu Foya-Foya, Dewan Sebut Itu Hak Protokoler Pejabat

0
ROKANHULU(SK) --Menyikapi kebijakan Pemerintah yang telah melelang kegiatan pengadaan baju seragam untuk 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) di tengah Pandemi...

SPKS Rohul Perjuangkan DBH Minyak Kelapa Sawit

0
ROKANHULU(SK)--Rapat kerja Nasional Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) yang dilaksanakan di Kota Bogor menghadirkan Wakil Ketua KPK RI Lili Pintauli Siregar sebagai keynote speaker,...

IKM Langgak Craft Raih Penghargaan Pada Malam Puncak Nothern Sumatera Forum 2021

0
ROKANHULU(SK)--Industri Kecil Menengah (IKM) Langgak Craft sebagai UMKM binaan PT SPR Langgak memperoleh apresiasi dan penghargaan bersama 6 UMKM binaan KKKS (perusahaan migas-red) lainnya...

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di...

0
PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Vaksinasi BIN Riau Tuntas, 4.080 Dosis Disuntikan Kepada Pelajar dan Warga Daerah Pinggiran

0
ROKANHULU(SK)--Serbuan Vaksinasi yang dimotori Badan Intelljen Negara Daerah (BIN) Daerah Riau, Rabu (24/11/2021) tuntas dilaksanakan. Dari 4.080 dosis vaksin yang dialokasikan untuk Kabupaten Rokan...

Hukum

Bobol Rekening Nasabah, Tuntutan Tarry selaku Teller Lebih Tinggi dari Indra Osmer, Menejer di...

0
PEKANBARU(SK) - Dua terdakwa dugaan pembobolan rekening nasabah Bank Jabar-Banten Cabang Pekanbaru dituntut berbeda. Terdakwa Indra Osmer Gunawan Hutauruk divonis lebih rendah dibandingkan Tarry...

Sosialisasi Penguatan Hukum Adat, AMA Melayu Riau dan LAM Riau Berkunjung ke Selatpanjang

0
Meranti(SK) --Aliansi Masyarakat Adat (AMA) Melayu Riau melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi penguatan adat bersama Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kepulauan Meranti bertempat di Rumah...

Kembali Lakukan Patroli Udara, Kapolda Dapati Aktivitas Illegal Logging di Kawasan Teluk Pulau

0
PEKANBARU(SK) - Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menengarai adanya aktivitas Illegal Logging di dua daerah di Provinsi Riau,...

Kapolres Rohul Bersama PT SAI Gelar Apel Kesiapsiagaan Karlahut

0
ROKANHULU(SK)--Memasuki musim kemarau, sebagai upaya tindakan antisipatif dan preventif terhadap bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Jajaran Polres Rokan Hulu menggelar Apel kesiapsiagaan Karhutla...

Sidang Dugaan Pembobolan Rekening Nasabah BJB Teller Tarry Dituntut 10 Tahun Penjara

0
PEKANBARU(SK) - Teller Bank Jawa Barat Banten (BJB) Cabang Pekanbaru Tarry Dwi Cahya yang duduk sebagai terdakwa dalam kasus dugaan pembobolan rekening nasabah BJB...

Kesehatan

Vaksinasi BIN Riau Tuntas, 4.080 Dosis Disuntikan Kepada Pelajar dan Warga Daerah Pinggiran

0
ROKANHULU(SK)--Serbuan Vaksinasi yang dimotori Badan Intelljen Negara Daerah (BIN) Daerah Riau, Rabu (24/11/2021) tuntas dilaksanakan. Dari 4.080 dosis vaksin yang dialokasikan untuk Kabupaten Rokan...

BIN Riau Gesa Vaksinasi Bagi Pelajar di Rohul

0
ROKANHULU(SK)--Demi percepatan vaksinasi dikalangan pelajar, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Riau Terus gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Kali ini kegiatan vaksinasi bagi pelajar di pusatkan...

BIN Riau Gelar Vaksinasi COVID-19 Bagi Masyarakat Dan Pelajar di Kuansing

0
Kuansing(SK) – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau melaksanakan Vaksinasi untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dan mendukung percepatan Herd Immunity bagi...

Bupati Rohul door to Door Ajak Warga Divaksinasi

0
ROKANHULU(SK)--Bupati Rokan Hulu (Rohul) door to Door Ajak Warga divaksinasi. Hal itu bisa dilihat dari Vaksinasi Covid-19 yang digelar Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah...

Tingkatkan Capaian, BIN Riau Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Masyarakat dan Pelajar di Rohul

0
ROKANHULU(SK) --Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Provinsi Riau melaksanakan Vaksinasi untuk mencegah potensi terjadinya gelombang ketiga Covid-19 dan mendukung percepatan Herd Immunity bagi masyarakat...