Senin, April 12, 2021
Beranda Riau Bengkalis Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

Waduh, Honorer Satpol PP Bengkalis Edarkan Narkoba 4 Kg Milik Napi

PEKANBARU–Satuan Reserse Narkoba Bengkalis bekerjasama dengan Satpolair dan Bea Cukai berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu, 4 Kilogram jaringan internasional, yang melibatkan napi dengan kurir seorang honorer Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bengkalis, Jumat (1/1/2021) kemarin.

Napi tersebut diketahui mengendalikan peredaran sabu ini dari dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Dumai, dengan nama Junaidi (30). Sedangkan, kurirnya bernama Andri.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, didampingi Kasat Narkoba AKP Syahrizal, Selasa (5/1/2021) mengungkapkan, ada enam pelaku yang diamankan dalam kasus ini.

Penangkapan juga dilakukan di empat lokasi pertama di Desa Teluk Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis. Lokasi kedua, di Dusun Sei Liung Desa Bantan Tengah, Bengkalis. Kemudian lokasi ketiga, di Jalan Lintas Selat baru Desa Bantan Kecamata Bantan. Terakhir di Jalan Kelapapati Darat Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis.

Kapolres menjelaskan, identitas para pelaku adalah Bondan (43) dengan pekerjaan nelayan. Turut diamankan, Tono (28) pekerjaan buruh.

Selanjutnya, Amirul (23) seorang pengangguran dan Handrian (23) juga seorang pengangguran. Kemudian, Supandi (24) juga pengangguran dan Junaidi (30) juga pengangguran.

”Untuk tersangka Junaidi ini adalah Napi yang sedang menjalani masa hukuman di Rutan kelas II A Dumai,” kata Kapolres.

Selain itu, dalam kasus ini, peran Junaidi disebutkan beberapa pelaku yang ditangkap sebelumnya adalah sebagai pengendali.

Dari para pelaku, selain empat bungkus besar narkotika jenis sabu. Turut diamankan alat komunikasi berupa hp sebanyak tujuh unit Hp. Kemudian turut diamankan motor dan tas ransel.

”Saat pengembangan petugas di lapangan juga mendapatkan uang Rp300 ribu, yang dikatakan pelaku merupakan upah mereka,” tutur Kapolres.

Terungkapnya kasus ini, kata Kapolres, berawal saat Senin (28/12/2020) kemarin tim mendapatkan informasi akan ada penyelundupan narkoba dari Malaysia menuju Kecamatan Bukit Batu Bengkalis.

”Untuk mengungkap kasus ini, tim dibagi menjadi dua yakni satu tim stanby di lautan dan tim lainnya stanby di daratan,” kata Kapolres.

Jalannya penyelidikan, petugas memantau di perairan laut Selat Bengkalis yang dilakukan Sat Pol Air dan Bea Cukai Bengkalis. Sedangkan, lokasi kedua di kawasan daratan sepanjang pantai Bukit Batu oleh Timsus Narkoba bersama Polsek Bengkalis dan Bantan.

”Hasil pertama tidak ditemukan kegiatan penyelundupan. Tetapi beruntung tim yang turun sudah mengetahui identitas diduga pelaku yang bekerja sebagai nelayan di Desa Tel Papal, Kecamatan Bantan Bengkalis,” jelas Kapolres.

Keesokan harinya, pada Rabu (30/12/2020) tim kembali memperoleh informasi target sudah berangkat lagi menjemput narkoba ke Malaysia menuju Bengkalis melalui Pantai Teluk Papal Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

”Untuk mematangkan penangkapan tim langsung melakukan langkah-langkah penyelidikan sekitar lokasi dengan cara, mapping wilayah untuk persembunyian di sekitar hutan bakau di lokasi Pantai Tanjung Papal. Sedangkan Speed Boat Sat Pol Air Polres Bengkalis dan Bea Cukai Bengkalis untuk mengawasi pergerakan target di sekitar bibir pantai pulau Bengkalis mengarah ke Selat Melaka,” kata Kapolres.

Akhirnya, pada Kamis (31/12/2020) dinihari sekitar pukul 00.20 WIB. Keberadaan pelaku terpantau saat keluar dari lokasi persembunyian, saat turun di wilayah Pantai Tanjung Papal, Kecamatan Bengkalis.

”Karena lokasi target yang jauh dan tidak terjangkau. Tim hanya bisa melihat pelaku menyandang sebuah tas, saat turun dari speadboat menuju hutan bakau,” sebut Kapolres.

Namun, karena pelaku tidak membawa barang bukti. Saat itu, tim hanya bisa memantau kegiatan target dan melihat pelaku keluar hutan bakau menuju rumahnya.

Akhirnya kesabaran tim berbuah manis, pada Jumat (1/1/2021) sekitar pukul 18.30 WIB, Tim melihat target kembali masuk lagi ke lokasi hutan bakau. Tetapi tim sempat kehilangan jejak karena kondisi gelap.

”Setelah diketahui, sekitar pukul 20.20 WIB tersangka Alu berhasil ditangkap di rumahnya,” jelas Kapolres.

Kepada petugas yang mengintrogasi, Alu mengakui masih menyimpan BB Narkoba sebanyak dua kilogram sabu yang ditanam dalam tanah di lokasi kebun milik orang berjarak lebih kurang 800 meter dari rumahnya.

Petugas yang belum percaya, akhirnya meminta Alu menyebutkan sisa barang bukti lainnya.

”Saat diintrogasi lagi, Alu mengaku telah menyerahkan 3 kilogram sabu kepada Alwis warga Bantan Tengah atas perintah dari Edi warga Binaan Rutan Dumai bersama ribuan pil ekstasi dalam kantong plastik,” jelas Kapolres.

Dari pengakuan Alu. Ia sengaja menanam barang bukti, sebelum Edi menyerahkan upahnya.

Atas pengakuan Alu, pada Sabtu (2/1/2021) tim melakukan pengembangan dengan meringkus Alwis di Sungai Liung.

”Dari pengakuan Alwis sabu 3 Kg dan ribuan Pil ektasi sudah diserahkan kepada Along di hari Kamis (31/12/2020) di lokasi jalan lintas Selat Baru Bengkalis. Dan Along kemudian di tangkap di rumahnya,” kata Kapolres.

Sementara itu, Along juga mengakui, bahwa 2 Kilogram sabu yang dititipkan padannya telah diserahkan kepada Andri dengan meletakkan sabu di pinggir jalan.

”Kalau barang bukti sabu dan ribuan ektasi kata Andri sudah diserahkan kepada Darma yang ditetapkan sebagai DPO,” kata Kapolres, sambil menyebutkan Andri merupakan honorer Satpol PP Pemda Bengkalis yang tinggal di daerah Sebauk/Pangkalan Batang Kecamatan Bengkalis.

”Hasil pendalaman dan pengembangan. Andri diketahui merupakan Kurir Edi yang ditangkap saat menggunakan motor N- Max warna biru di Jalan Lintas Selat Baru,” ungkap Kapolres.

Antara pelaku kata Kapolres tidak saling mengenal. Kemudian, saat dilakukan pengembangan terhadap Iyik, yang bersangkutan tidak ditemukan di rumahnya.

Sedangkan informasi lainnya, Andri juga mengakui telah ditelpon oleh Supandi als AGE, yang rencananya diminta untuk mengantarkan BB Sabu sebanyak 4 Kg ke Pekanbaru.

Selanjutnya hasil dilakukan interograsi terhadap Pandi. Dia mengakui telah ditelpon dan diminta oleh Edi untuk mencari kurir pengantar BB sabu ke Pekanbaru.

”Tim melanjutkan dengan melakukan interograsi terhadap Edi di Rutan Dumai. Hasilnya, Edi tdk mengakui telah menelpon Alu, Along dan Andri,” kata Kapolres.

Pasal yang diterapkan yakni pasal 114 (2) Dan PASAL 112 (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 TAHUN 2009, dengan ancaman pasal 114 (2) di ancam dengan pidana Mati , Pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun pidana denda maksimum sebagaimana di maksud pada ayat (1) di tambah ⅓ (sepertiga).

Sk03

Most Popular

Pj Sekdaprov Riau Mendukung Penuh Kegiatan Menanam Jagung DPP SantaNU

PEKANBARU(SK)-Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdlatul Ulama (SantaNU), Rusli Ahmad bersama dengan Pj Sekdapriv Riau Masrul Kasmy melakukan penanaman jagung. Dalam kegiatan penanaman ini  terlihat...

Warga Inhu Tuntut Pengembalian Uang, “Kami butuh pelayanan bukan untuk diperas”

INHU(SK) - Sejumlah warga Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) datangi kantor desa daerah itu, Jumat (9/4/2021). Unjuk rasa warga...

Pengurus Koni Pekanbaru Kunjungi Cabang Ski Air dan Dayung

PEKANBARU (SK) --Melanjutkan kunjungan ke tempat latihan cabang- cabang olahraga yang ada di bawah naungan KONI Kota pekanbaru, kali ini Pengurus KONI Kota Pekanbaru...

MODENA Hadirkan Showcase Cooler SC 2801 L, Siap Dukung Usaha Kuliner Pelanggan

Pekanbaru(SK)----Tak hanya untuk masalah di dapur saja, MODENA siap mendukung pelanggan usaha kuliner dengan meluncurkan Showcase Cooler tipe SC 2801 L. Dengan kehadiran produk di...

Nasional

Ketua B2P3 Riau Ngopi Bareng Dengan Ketua B2P3 Pusar di Jakarta

0
Pekanbaru(SK)----Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3) Provinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan, ngopi bareng bersama Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Pusat,...

KPK Periksa Plt Kadis PUPR Bengkalis di Polda Riau

0
PEKANBARU(SK)--Penanganan perkara tindak pidana korupsi proyek pembangunan Jalan Lingkar Barat duri (multiyears) di Bengkalis tahun anggaran 2013 sampai 2015, yang dilakukan penyidik Komisi Pemberantasan...

Bertemu Kepala BNPB, Edwar Sanger Serahkan Surat Peminjaman Heli

0
PEKANBARU(SK)--Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, bertolak ke Jakarta. Untuk mengantarkan Surat peminjaman heli yang dibuat Gubernur Riau, Syamsuar, Kamis (18/2/2021). Tiba di Jakarta,...

Jangan Mudah Percaya Terhadap Kritik

0
PEKAN lalu hingga hari ini perbincangan tentang kebebasan menyampaikan kritik mengemuka di ruang publik. Bahkan ada yang beranggapan seolah selama ini kritik tidak berjalan....

Mahasiswa Pekanbaru Ikut Bertarung Rebut Ketum PB HMI Jakarta

0
JAKARTA(SK)- Perhelatan kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-XXXI akan dilaksanakan pada 17 Maret 2021 mendatang di Surabaya. Hari ini merupakan hari terakhir dalam pengembalian...

Riau

Pj Sekdaprov Riau Mendukung Penuh Kegiatan Menanam Jagung DPP SantaNU

0
PEKANBARU(SK)-Ketua Umum DPP Santri Tani Nahdlatul Ulama (SantaNU), Rusli Ahmad bersama dengan Pj Sekdapriv Riau Masrul Kasmy melakukan penanaman jagung. Dalam kegiatan penanaman ini  terlihat...

Warga Inhu Tuntut Pengembalian Uang, “Kami butuh pelayanan bukan untuk diperas”

0
INHU(SK) - Sejumlah warga Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) datangi kantor desa daerah itu, Jumat (9/4/2021). Unjuk rasa warga...

Pengurus Koni Pekanbaru Kunjungi Cabang Ski Air dan Dayung

0
PEKANBARU (SK) --Melanjutkan kunjungan ke tempat latihan cabang- cabang olahraga yang ada di bawah naungan KONI Kota pekanbaru, kali ini Pengurus KONI Kota Pekanbaru...

MODENA Hadirkan Showcase Cooler SC 2801 L, Siap Dukung Usaha Kuliner Pelanggan

0
Pekanbaru(SK)----Tak hanya untuk masalah di dapur saja, MODENA siap mendukung pelanggan usaha kuliner dengan meluncurkan Showcase Cooler tipe SC 2801 L. Dengan kehadiran produk di...

Desa Tajir Inhu Dihebohkan Penangkapan Perangkat Desa, Sita Uang dan Dokumen

0
Inhu(SK) - Masyarakat desa Talang Jerinjing (Tajir) Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, dihebohkan dengan adanya penangkapan perangkat desa berinisial MH yang bekerja sebagai...

Hukum

Warga Inhu Tuntut Pengembalian Uang, “Kami butuh pelayanan bukan untuk diperas”

0
INHU(SK) - Sejumlah warga Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) datangi kantor desa daerah itu, Jumat (9/4/2021). Unjuk rasa warga...

Desa Tajir Inhu Dihebohkan Penangkapan Perangkat Desa, Sita Uang dan Dokumen

0
Inhu(SK) - Masyarakat desa Talang Jerinjing (Tajir) Kecamatan Rengatbarat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu)-Riau, dihebohkan dengan adanya penangkapan perangkat desa berinisial MH yang bekerja sebagai...

Dirut BRK : Keduanya Kami yang Laporkan

0
PEKANBARU(SK)--Direktur Bank Riau Kepri (BRK) Andi Bukhori dan jajaran menggelar konfrensi pers, menyikapi mantan dua orang dalam nya terlibat kejahatan menguras uang nasabah, Rabu...

Murod Tegaskan, DLHK Bukan Pengguna Anggaran Covid-19

0
PEKANBARU(SK)--Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Maamun Murod menggelar konferensi pers, Rabu (31/3/2021). Guna menjawab tudingan adanya dugaan korupsi penggunaan anggaran penanganan penanggulan Covid-19 di...

Kapolri Putuskan 1.062 Polsek Tidak Lakukan Proses Penyidikan, 20 Polsek dari Polda Riau

0
PEKANBARU(SK)--Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan keputusan terkait dengan 1.062 Polsek di seluruh Indonesia tidak bisa melakukan proses penyidikan. Untuk di Kepolisian Daerah (Polda)...

Kesehatan

Vaksinasi Tahap II, Diwajibkan Terapkan Prokes

0
PEKANBARU(SK)--Setelah kegiatan Vaksinasi pejabat Publik digelar di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), kegiatan kedua digelar hari ini, Senin (15/3/2021). Untuk di Pekanbaru, kegiatan diselenggarakan di...

Covid-19 Masih Mengganas di Kuansing, Camat Sentajo Raya Jadi Korban

0
TELUKKUANTAN(SK)-Virus Covid 19 tampaknya masih mengganas di wilayah Kuantan-Sengingi (Kuansing). Kali ini Camat Sentajo Raya Akhyan Armofhis yang menjadi korbannya. Akhyan diketahui meninggal dunia,...

Gubernur Sampaikan Siap Laksanakan Target Vaksinasi

0
PEKANBARU(SK)--Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, melakukan kegiatan rapat monitoring dan evaluasi (Monev) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara...

Ditlantas dan Dishub Sosialisasi dan Bagikan Masker Gratis

0
PEKANBARU(SK)--Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau membagikan masker gratis di Plaza Sukaramai Jalan Sudirman,...

Pemprov Terima 169 Usulan Santunan Keluarga Pasien Covid-19 yang Meninggal

0
PEKANBARU(SK)--Pemerintah Provinsi Riau, mengusulkan 169 orang dari keluarga pasien yang meninggal dunia Covid-19, untuk dilaporkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Pengusulan data ini, karena...